Walikota Pekalongan hadiri Undangan UCCN di Ostersund Swedia

Pekalongan, Info Publik – Walikota Pekalongan HA Alf Arslan Djunaid dijadwalkan menghadiri Rapat tahunan ke X jearing Kota Kreatif UNESCO atau UNESCO creative Cities Network (UCCN) di Kota Ostersund, Wilayah Jamtland Harjedalen, Swedia, 14 sampai dengan 16 September 2016.  Pria yang akrab disapa Alex ini hadir ke acara tersebut didampingi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pekalongan Ratna Sofia, Kepada Bappeda Sri Ruminingsih dan KRT Gaura Mancacaritadipura, pendamping Tim Kreatif Kota Pekalongan.

 

Hal itu disampaikan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pekalongan Sri Budi Santoso, Kamis (15/9).

 

Menurut Sri Budi Santoso keberangkatan walikota ke Ostersund itu adalah untuk memenuhi undangan dari UNESCO karena Kota Pekalongan merupakan salah satu Kota yang masuk dalam Jejaring Kota Kreatif dunia. “Kali ini adalah yang kedua kali walikota Pekalongan menghadiri pertemuan serupa sebagai konsekwensi masuk dalam jejaring Kota Kreatif,” katanya.

 

Yangpertama ketika pertemuan serupa diselenggarakan di Kota Kanazawa, Jepang pada tahun 2015. Atau setahun setelah Kota Pekalongan ditetapkan sebagai salah satu Kota Kreatif Dunia. Selain Kota Pekalongan,Kota  Bandung merupakan Kota Kreatif UNESCO lainya yang berasal dari Indonesia.

 

Selain akan mengikuti sidang pleno seluruh anggota Kota Kreatif UNESCO yang berjumlah 116 Kota dari 54 negara,  delegasi asal Kota batik ini juga akan diminta memberikan pemaparan terkait pemberdayaan perempuan melalui batik. “Pemaparan ini dilakukan oleh Ibu Ratna Sofia selaku Ketua Dekranasda Kota Pekalongan,” tandasnya.

 

Untuk menghadiri acara ini, Walikota  Pekalongan beserta rombonganya sudah menempuh semua prosedur yang berlaku. Diantaranya dengan mengajukan permohonan ijin perjalanan dinas ke Gubernur Jawa Tengah, Kementrian dalam negeri dan sudah mendapatkan persetujuan dari Kementrian Sekretaris Negara melalui surat bernomor B-2672?Kemensetneg/Ses/LN.00.00/09/2016 yang ditanda tangani Sekretaris Kemensetneg, Setya Utama. “Jadi ini adalah perjalanan dinas resmi yang tidak hanya mewakili Kota pekalongan tapi juga mewakili Indonesia,” pungkas Sri Budi Santoso.  (MC/Diskominfo/AN Takari)