Program Alex Mendengar Menarik Media Internasional

Pekalongan, Info Publik - Program Alex Mendengar yang diselenggarakan Pemerintah Kota Pekalongan setiap dua minggu sekali menjadi  pemberitaan media internasional. Media online yang berbasis di Singapura Gov Insider, memuat Program Alex Mendengar di halaman   inovasi  website resminya bersama dengan Walikota Surabaya Tri Risma Harini dan Bima Arya Sugiharto Walikota Bogor sebagai berita utama (Rabu/16/03/2016).

 

Dalam artikel tersebut, Walikota Pekalongan dinilai mampu mengelola masyarakatnya dengan melibatkan masyarakat tersembut di dalam pengambilan keputusan, baik di bidang pemerintahan, pembangunan maupun kemasyarakatan. “Sesuatu yang kini jarang ditemui pada sistem pemerintahan di kota-kota lain,” tambah Gov Insider.

 

Kepala Dinas Kominfo (Diskominfo) Kota Pekalongan Sri Budi Santoso, Kamis (17/3) ketika dihubungi membenarkan dimuatnya pemberitaan tentang “Alex Mendengar” dengan tajuk “Indonesia Mayor Special Report” (Laporan Khusus Walikota di Indonesia) dan “Interview: Mayor of Pekalongan, Mayor Achmad Alf Arslan Djunaid is bringing a modern twist to this heritage city”.  (Wawancara Walikota Pekalongan : Walikota Achmad Alf Arslan Djunaid membawa sentuhan untuk kota warisan budaya ini).

 

Lebih lanjut Sri Budi menandaskan jika penyelenggaraan program Alex Mendengar memang dimaksudkan untuk membuka kran informasi seluas-luasnya antara masyarakat dengan Pemerintah Kota Pekalongan. “Dengan berkonsep rembugan dan pengaduan masalah, maka Alex Mendengar sejatinya menyimpan potensi sebagai problem solving atas berbagai permasalahan yang ada di Kota Pekalongan dan dihadapi secara aktual oleh masyarakat,” ujar dia.

 

Dikatakan, Pemerintah Kota Pekalongan tidak pernah membatasi masyarakat yang hendak ngudha rasa ataupun menyensor pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat di dalam Program Alex Mendengar yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali pada hari Jumat. Meski demikian dari pantauan yang dilakukan, antusiasme masyarakat tetap tinggi untuk bisa berdialog dengan kepala daerahnya dan menyampaikan uneg-unegnya. (tim liputan diskominfo kota pekalongan) (MC/Diskominfo/Tubagus S/AN Takari)