Optimalkan Peran KIM, Dinkominfo Siap Bina KIM Kelurahan Medono

Kota Pekalongan - Dalam rangka mendukung penyebaran informasi sampai ke tingkat bawah terutama desa dan kelurahan, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan berupaya membentuk , mengembangkan dan memberdayakan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di tingkat desa dan kelurahan, salah satu Kelurahan yang akan membentuk KIM baru dan akan dibina langsung oleh Dinkominfo yakni di Kelurahan Medono, Kecamatan Pekalongan Barat. 

Pembentukan KIM ini diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan buka bersama di Aula Kelurahan Medono, Pekalongan Timur, Kamis sore (16/5/2019).

Kepala Seksi Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dan Layanan Informasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan, Nurul Indrawati menerangkan KIM merupakan mitra Dinkominfo yang dibentuk sejak tahun 2008 sebagai wahana informasi dan komunikasi antara anggota KIM dengan pemerintah atau sebaliknya, dalam merumuskan kebijakan publik serta sebagai sarana peningkatan pemberdayaan masyarakat dibidang informasi.

“Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) memiliki peran strategis dalam penyebaran informasi baik yang berasal dari pemerintah kepada masyarakat maupun sebaliknya secara timbal balik dan berkesinambungan, sehingga keberadaan KIM diharapkan dapat menekan penyebaran hoax ditengah-tengah masyarakat,” terang Nurul.

Menurut Nurul, peran KIM sangat efektif dan strategis dalam pelayanan informasi kepada masyarakat.

“Dengan adanya KIM, diharapkan akan banyak lahir anggota masyarakat yang cerdas dan bijak menyebarluaskan dan mengelola informasi yang baik dan benar serta dapat dipertanggungjawabkan melalui media manual maupun media elektronik,” tutur Nurul.

Lurah Medono, M. Syukron menyambut baik adanya pengarahan dan pembinaan dari Dinkominfo Kota Pekalongan terkait pembentukan KIM yang ada di Kelurahan Medono.

“Kami sangat menyambut positif adanya pengarahan dan pembinaan KIM ini karena pada saat ini Kelurahan Medono belum membentuk KIM sehingga melalui pengarahan dari Dinkominfo, masyarakat Kelurahan Medono semakin paham peran serta KIM sebagai pilar pusat informasi, kebijakan, kepengurusan, dan bagaimana KIM yang sudah terbentuk nanti dapat berjalan secara optimal,” ucap Syukron.

Ditambahkan Sekretaris Kelurahan Medono, Miftianah, melalui KIM, diharapkan masyarakat hingga tingkatan bawah dapat dengan mudah mengakses segala informasi mengenai kebijakan pembangunan, melek informasi, bahkan bagi mereka yang belum memiliki smartphone atau android tetap dapat dengan mudah menerima informasi tersebut. 

“Harapannya dengan terbentuknya KIM Kelurahan Medono jika ada informasi-informasi dari pemerintah kota bisa sampai ke tingkat bawah. Apapun informasinya terkait pembangunan, inovasi agar dapat terinformasikan  hingga tingkat RT/RW bahkan yang tidak memiliki smartphone atau android dapat melihat di pusat informasi kelurahan,” imbuh Miftianah.

Miftianah mengaku optimis setelah terbentuknya KIM Kelurahan Medono yang akan melibatkan 10 personil terdiri dari berbagai unsur masyarakat di Kelurahan Medono dapat menyusul keberhasilan KIM kelurahan-kelurahan yang terlebih dahulu terbentuk.

“Iya kami siap membentuk KIM Kelurahan Medono dengan 10 personil melibatkan LKK, PKK, Karang taruna, LPM/BKM, kalangan muda yang mempunyai dedikasi, inovasi dan kreatif yang tinggi. Kami pun optimis setelah terbentuk KIM ini, InshaAllah kami akan berusaha menyusul kegiatan dan inovasi dari keberhasilan KIM kelurahan yang telah berjalan optimal,” pungkas Miftianah.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)