Jalan Tembus Kandang Panjang-Bandengan Masih Tahap Inventarisasi

KOTA – Pemkot Pekalongan masih mematangkan rencana pembangunan jalan baru berupa jalan tembus Kelurahan Kandang Panjang ke Kelurahan Bandengan. Saat ini, Pemkot masih melakukan proses inventarisasi berapa lahan yang akan dibebaskan untuk pembangunan jalan tembus tersebut.

 

Untuk pembangunan jalan baru dari Palapa, Kelurahan Kandang Panjang, ke Kelurahan Bandengan di Kecamatan Pekalongan Utara sementara ini masih tahap inventarisasi. Rencana tersebut sudah disetujui Sekda. Nanti akan ditindaklanjuti ke BPN untuk proses selanjutnya,” ungkap Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Pekalongan, Bambang Sugiarto, kemarin.

 

Pemkot Pekalongan sendiri tahun ini telah menganggarkan Rp 1 miliar dari APBD Kota Pekalongan 2016 untuk pembebasan lahan pembangunan jalan tembus Kelurahan Kandang Panjang – Kelurahan Bandengan tersebut. “Sementara disediakan dana satu miliar untuk pembebasan lahan. Mudah-mudahan cukup, kalau tidak cukup, akan kita lakukan bertahap,” ujarnya.

 

Direncanakan, pembebasan lahan jalan penghubung ini akan dimulai dari arah Jalan Palapa Raya di sekitar Lapangan Palapa, Kelurahan Kandang Panjang, lurus menuju Kelurahan Bandengan. Panjangnya sekitar satu kilometer lebih.

 

Adanya jalan baru yang menghubungkan Kelurahan Kandang Panjang dengan Kelurahan Bandengan itu, menurut Bambang cukup penting. Terutama untuk lebih memajukan daerah Kelurahan Bandengan yang selama ini terkesan terkucil lantaran kerap dilanda banjir dan rob. Ditambah lagi, akses menuju ke Kelurahan Bandengan yang dinilai masih kurang.

 

Selain itu, keberadaan jalan penghubung yang baru dari Kandang Panjang ke Bandengan juga berfungsi untuk mengurangi banjir rob yang selama ini menimpa permukiman sekitar. “Jalan ini nanti bisa menjadi semacam tanggul untuk membendung banjir dan rob di Bandengan,” imbuh dia. (way)

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 06-04-2016)