Diskominfo Kota Pekalongan Luncurkan Aplikasi SIMPATIKK

Pekalongan, Info Publik -  Bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) serta Kecamatan Pekalongan Selatan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pekalongan meluncurkan Sistim Informaasi Managemen Pelayanan terintegrasi Kelurahan – Kecamatan (SIMPATIKK) di Ruang Amarta, Selasa (7/6). Peluncuran Aplikasi itu dilakukan oleh Walikota Pekalongan HA Alf Arslan Djunaid didampingi Wakilnya Saelany Mahfudz.

 

Dalam paparanya Kepala Diskominfo Kota Pekalongan mengatakan aplikasi yang berbasis Free Open Source Software (FOSS) ini akan mempermudah, mempercepat dan mengefisienkan pelayanan Pemerintah, dalam hal ini Kelurahan dan kecamatan terhadap warga. “Aplikasi SIMPATIKK ini adalah sistim Tekhonologi Informasi dan Komunikasi secara online untuk menyelenggarakan pelayanan administrasi kepada warga kelurahan yang dintegrasikan dengan peayanan di Kecamatan dan dengan data base kependudukan e-KTP di Disdukcapil serta menggunakan tekhnologi dan tata kelola tanda tangan elektronik,” katanya.

 

Dengan pelayanan ini warga yang ingin mengurus berbagai macam surat, tidak perlu lagi datangke Kecamatan yang jaraknya lumayan jauh. “Cukup di Kelurahan kemudian pihak kelurahan menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan pengesahan dari Kecamatan, berarti selain menghemat waktu juga menghemat biaya transport ke kecamatan,”  tegas Sri Budi Santoso.

 

Manfaat lain dari aplikasi ini adalah meningkatkan kualitas pelayanan dan akurasi data serta tertibpembuatan, pencatatan,dan penyimpatan dokumen yang diterbitkan oleh Kelurahan dan Kecamatan.

 

Walikota Pekalongan HA Alf Arslan Djunaid dalam sambutanya saat membuka acara ini mengharapkan agar hal ini bisa segera diaplikasikan di seluruh kelurahan dan kecamatan.  Karena dengan demikian warga tidak perlu repot-repot lagi untuk mengurus berbagai surat- surat keperluanya seperti KTP dan lain-lainya.  (MC/Diskominfo/AN TAkari)