Akhirnya Kota Pekalongan Raih Predikat WTP

Pemerintah Kota Pekalongan untuk yang pertama kalinya  berhasil meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), setelah tahun-tahun sebelumnya mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Penghargaan tersebut diserahkan Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Tengah kepada Walikota Pekalongan  H.A Alf Arslan Djunaid, didampingi Ketua DPRD Kota Pekalongan Hj.Balgis Diab  (selasa,31/05) di gedung BPK Perwakilan Jawa Tengah, Semarang.  

 

Ini pertama kalinya  Pemerintah Kota Pekalongan memperoleh penilaian BPK Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)  kiranya hal ini dapat dijadikan momentum dan sebagai titik awal melakukan pengelolaan keuangan daerah sesuai aturan berlaku. “Keberhasilan Kota Pekalongan meraih opini WTP tersebut, merupakan kerja keras semua unit kerja, serta dukungan dan dorongan dari semua pihak, SKPD, DPRD dan masyarakat Kota Pekalongan. Karena salah satu indikator pemerintahan yang baik, yakni  adanya satu tekad untuk bersama-sama membangun daerah, ujar Walikota Pekalongan pada sambutan penerimaan laporan hasil pemeriksaan keuangan daerah.

 

Bahwa  suatu daerah untuk mendapatkan predikat WTP tidaklah mudah. Untuk memperoleh predikat tersebut, berbagai rekomendasi yang diberikan BPK mesti diperhatikan dengan perbaikan dari berbagai lini, fokus yang menjadi catatan pada perolehan opini  WTP tersebut, ada pada penataan sistem pengendalian intern dalam penyusunan laporan keuangan, baik pengelolaan pajak maupun penatausahaan pada persediaan penyimpanan barang pada SKPD  agar lebih optimal dan tertib pengelolaannya.  

 

Walikota Pekalongan berharap, penilaian WTP tidak menjadi tujuan akhir  dan yang jauh lebih penting adalah mempertahankan predikat WTP tidaklah mudah, dibutuhkan upaya-upaya  nyata dan kedisiplinan  dalam penataan pengelolaan keuangan agar bisa lebih baik lagi. Atas nama Pemerintah Kota Pekalongan  saya mengucapkan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Jawa Tengah yang telah melaksanakan pemeriksaan keuangan pada Pemerintah Kota Pekalongan hingga mendapat predikat WTP,  tidak lupa pula bahwa kerja keras ini juga berkat dukungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) RI dan Universitas Gunadharma  yang telah mendampingi pengembangan aplikasi keuangan dan aplikasi pengelolaan barang/aset daerah. (Diskominfo-Kota Pekalongan)