Kota Pekalongan- Sebanyak 750 Anggota Linmas se eks karesidenan Pekalongan mengikuti Apel siaga Pemilihan Gubernur dan pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2018, Rabu (15/3) di Stadion Hoegeng. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Walikota Pekalongan H.M Saelany Machfudz. Apel Siaga Satlinmas dihadiri Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Jawa tengah Heru Setiadi, Pelaksana harian Satpol PP Provinsi Jawa Tengah Ninik Widiastuti dan unsur Forkompinda Kota Pekalongan.

 

Walikota Pekalongan H.M Saelany Machfudz dalam sambutanya mengatakan apel Siaga Satlinmas diselenggarakan sebagai bentuk respon terhadap perkembangan lingkungan strategis baik pada tataran regional, nasional maupun global, yang bergerak begitu cepat dan dinamis, terutama yang berimplikasi pada aspek kemananan dan ketertiban di wilayah Jawa Tengah pada umumnya dan Eks Karesidenan Pekalongan pada khususnya. “ Saat ini memasuki tahun politik yang gegap gempitanya sudah cukup terasa dan dinamikanya juga menimbulkan perasaan campur aduk. Bagi para kader, simpatisan maupun warga masyarakat yang baik secara langsung maupun tidak langsung mempunyai ikatan emosional,” terangnya.

 

Walikota melanjutkan bahwa Pilkada serentak 2018, merupakan salah satu pesta demokrasi, yang dapat dijadikan ajang dan sarana pemersatu bangsa, khususnya dalam melaksanakan hak dan kewajiban selaku warga negara, dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. “ Pilkada serentak adalah sarana demokrasi yang harus dijalankan dengan kebahagiaan dan kegembiraan, bukan sebagai ajang dan sarana untuk menggali lebih dalam jurang pertentangan dan perbedaan, yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.” Kata Walikota.

 

Walikota juga menghimbau kepada segenap komponen masyarakat, utamanya Satuan Linmas se-Eks Karesidenan Pekalongan untuk tetap menjaga dan memelihara kondusivitas wilayahnya masing-masing. “ Jangan terprovokasi oleh berbagai isu maupun pemberitaan di beragai media massa, termasuk di dalamnya adalah media sosial, yang disebar-luaskan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” Pesan Walikota.

 

Walikota berharap anggota Satlinmas dapat menjalankan tugas dengan baik dalam menjaga ketentraman dan keamanan hingga selesai semua tahapan Pilgub Jateng dan Pilkada Serentak 2018. “ Keamanan dan ketentraman pada Pemilukada merupakan yang  hal yang diharapkan oleh masyarakat dalam upaya mencapai tujuan bersama. Karenanya, Satlinmas harus menjalin kebersamaan dalam menjalankan tugasnya nanti,” harapnya.

 

Sementara itu Pelaksana Harian Satpol PP Provinsi Jawa Tengah Ninik Widiastuti menambahkan Apel Siaga Satlinmas diikuti 7 Kabupaten/Kota se eks karesidenan Pekalongan. “ Masing-masing Kabupaten/Kota mengirimkan 100 personel Linmas. Khusus Kabupaten Pekalongan mengirimkan 150 personel Linmas,” tutur Ninik.

 

Ia melanjutkan dalam pengamanan Pilgub dan Pilkada serentak 2018 Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerjunkan 325.000 personel linmas. “ Di setiap TPS akan dijaga 2 personel linmas dan diluar TPS Satpol PP akan mengawasi,” ungkap Ninik.

 

 

 

Humas Kota Pekalongan/Liminho