Wakil Walikota Buka Manasik Haji

Kota Pekalongan- Wakil Walikota Pekalongan H. M Saelany Machfudz, SE  membuka manasik Haji yang di selenggarakan Kelompok Bimbingan Jamaah Ibadah Haji (KBIH) Assalamah Kota Pekalongan, Selasa (11/7) Di Ponpes Buaran.

 

Pada kesempatan itu Wakil Walikota mengatakan kegiatan manasik merupakan praktek dari teori yang sudah diberikan oleh pembimbing agar para jamaah calon haji mempunyai gambaran bagaimana cara melakukan ibadah haji “ Disini ada miniatur seperti di mekkah sehingga peserta manasik bisa praktek secara langsung,” katanya usai acara.

 

Wakil Walikota juga menghimbau kepada jamaah calon haji agar tetap menciptakan persatuan dan kerukunan sesama jamaah yang menjalankan ibadah haji “ dengan kondisi yang sekarang intoleran, kami tekankan betul kepada jamaah agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta mencerminkan warga Kota Pekalongan yang baik,” tambahnya.

 

Sementara itu Kyai Zuhdi Hariri Selaku Pendamping jamaah haji mengatakan manasik haji di ikuti sebanyak 153. Pada manasik tersebut disampaikan tentang rukun haji dan wajib haji “ Rukun haji ada ihram, wukuf,towaf,sai,tahalul atau potong rambut,” terangnya.

 

Lebih lanjut kyai Zuhdi Hariri menambahkan dari jamaah haji se Kota Pekalongan hampir separuhnya dari KBIH Assalamah “ Dari 379 jamaah calon haji yang berangkat tahun ini, 153 jamaahnya dari KBIH Assalamah,” lanjutnya.

 

153 Jamaah calon haji tersebut tergabung pada kloter 5 yang akan berangkat pada gelombang pertama Kota Pekalongan tanggal 28 juli “ Masuk Asrama haji pukul 15.30 WIB dan akan terbang menuju madinah pada pukul 15.45 WIB,” terangnya. Humas Kota Pekalongan/Liminho