Tingkatkan Akses Bisnis Pelaku UMKM Dilatih Buat Blog

PEKALONGAN – 30 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari sejumlah klaster UMKM unggulan di Kabupaten Batang mengikuti Pelatihan Internet bagi Pelaku UMKM di Laboratorium Komputer Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK) Widya Pratama, Sabtu (23/4).

 

Kasubid Pertanian, Pertambangan dan Energi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Batang Isnen mengatakan, pelatihan tersebut diselenggarakan untuk memberikan bekal kepada para pelaku UMKM agar bisa memasarkan produk mereka melalui internet. Sebab, pemasaran produk secara online bisa menghemat biaya promosi maupun administrasi.

 

Diharapkan, pelatihan tersebut bisa bermanfaat bagi pelaku UMKM dalam meningkatkan akses bisnis mereka. “Dalam pelatihan ini, pelaku UMKM belajar memperkenalkan dan mempromosikan produk mereka secara online. Harapannya, produk UMKM dapat dipasarkan dan diketahui semua pengguna internet. Sehingga usaha berkembang,” terangnya.

 

Tiga Hari

 

Pelatihan diselenggarakan selama tiga hari. Pelatihan berlangsung sejak Jumat (22/4) dan berakhir pada Minggu (24/4). Dalam pelatihan tersebut, Pengajar Komputer STIMIK Widya Pratama Eko Budi Susanto mengajari para pelaku UMKM untuk membuat blog sesuai dengan produk mereka. Peserta pelatihan ini adalah pelaku dari klaster UMKM Mlinjo, minyak atsiri, batik, kulit dan ikan.

 

Mereka dilatih memasarkan dan melakukan proses jual beli secara online aneka produk UMKM unggulan mereka. Selain itu, para pelaku UMKM tersebut juga diajari bagaimana mengoptimalkan mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO) agar memiliki ranking yang baik di halaman pencarian.

 

Halaman website atau blog teroptimasi dengan baik dan berada pada urusan atas biayanya akan mendapatkan pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan website yang berada di urutan bawah dari hasil pencarian. Menurut Eko, agar websote atau blog teroptimasi dengan baik dan berada pada urutan atas, pemilik blog disarankan untuk mengunggah produk secara intens dan memberikan komentar pada produk tersebut.

 

Setelah mengikuti pelatihan ini, para pelaku UMKM sudah bisa menggunakan blog yang telah dibuat. Harapannya, pelatihan ini dapat membantu para pelaku UKM dalam memperluas jaringan usaha dan pemasaran produk yang akan dijual kepada konsumen,” harapnya. (K30-34)

 

 

 

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 25-04-2016)