Tambah Ketrampilan Warga, Dinkominfo Gelar Pelatihan Hunting Fotografi

Dengan berkembangnya zaman, fotografi semakin mudah dilakukan oleh siapa saja mulai dari masyarakat awam sampai para profesional, pun peluang bisnis di bidang tersebut kian terbuka lebar dewasa ini, melihat hal tersebut Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan mengadakan pelatihan hunting fotografi bagi warga kelurahan poncol, berlangsung di aula Museum Batik setempat, Sabtu (17/6/2023). 

Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, yang akrab disapa Aaf hadir membuka kegiatan pelatihan tersebut. Dikatakan Aaf, bahwa ilmu fotografi tidak hanya bermodal dengan pengalaman saja tetapi harus diimbangi dengan ilmu pengetahuan dan mengikuti kemajuan teknologi yang ada, "Media sosial ini sangat erat hubungannya dengan fotografi, dan luar biasa semua profesi, usia, gender menggunakannya untuk mengupload aktivitas kesehariannya melalui foto maupun video," terang Aaf.

Aaf mengapresiasi atas terselenggaranya pelatihan fotografi ini, diharapkan warga Poncol yang mengikuti bisa betul-betul memahami materi dan serius mengikuti praktek hunting foto, sehingga pengetahuan masyarakat bisa lebih maksimal dengan ilmu yang diberikan oleh OPD kota Pekalongan, "Jika mereka tidak bekerja secara profesional, paling tidak skill ini bisa untuk mengambil momen pribadinya untuk diupload media sosial, syukur-syukur bisa menghasilkan income," tandasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinkominfo Kota Pekalongan, Arif Karyadi menjelaskan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program pendampingan 1 OPD 1 Kelurahan, "Saat ini kami mendapat tugas untuk mendampingi masyarakat kelurahan Poncol dengan memberikan pelatihan fotografi," katanya. 

Dijelaskan Arif, fotografi dipilih karena melihat perkembangan media sosial saat ini yang luar biasa. Selain memberikan bekal pengetahuan kepada warga Poncol, harapannya peserta dapat mempromosikan kota Pekalongan lewat hasil jepretannya, "Ketika ketrampilan fotografis bagus maka foto yang dihasilkan dan diupload juga akan indah dilihat tentunya menarik perhatian warganet, dengan keindahan foto itu semoga bisa menjadi ladang income serta bisa memberikan kontribusi baik untuk kota Pekalongan," sambungnya. 

Tak hanya fotografi, Dinkominfo juga akan menyelenggarakan pelatihan digital marketing bagi UMKM Kota Pekalongan agar bisa mengembangkan usahanya, "Kedepan kita akan melaksanakan pelatihan marketing digital supaya bisa mendongkrak perekonomian masyarakat, rencananya kita sasar warga kelurahan Poncol, namun bagi kelurahan lain yang ingin mendapatkan pendampingan pelatihan bisa mengajukan surat ke dinas kami," tukasnya.