Taman Baca Jalanan Wadahi Minat Baca Masyarakat

KOTA – Kurangnya fasilitas baca yang dijangkau dapat menurunkan minat baca masyarakat. Oleh karenanya Komunitas Insta Pekalongan kembali menggelar Taman Baca Jalanan (TBJ) di Lapangan Mataram, Minggu Pagi (9/7). Kegiatan ini diharapkan dapat mewadahi minat baca masyarakat Pekalongan.

 

Kami melihat kurang minat baca masyarakat yang masih kurang. Apalagi para pemuda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa. Nah salah satu faktornya itu karena minimnya fasilitas juga. Termasuk jarak buku yang mungkin cukup jauh. Nah karena itu kami gelar TBJ ini agar masyarakat lebih dekat dengan buku. Sehingga minat baca mereka dapat tersalurkan,” terang perwakilan Insta Pekalongan, Mirzanul Hakim.

 

Dijelaskan, pihaknya ingin mendekatkan masyarakat dengan buku. Sehingga kegiatan TBJ dilakukan di titik keramaian di Pekalongan dan sekitarnya. Seperti di Lapangan Mataram, Lapangan Bebekan Kedungwuni serta Alun-alun Kajen. “Sebenarnya TBJ ini sudah ada dari tahun lalu. Hanya saja sempat vakum dan ini bakal kami rutinkan kembali. Rencananya nanti dua minggu sekali bakal kami gelar, imbuhnya.

 

Tak hanya menyediakan fasilitas baca buku gratis di tempat, pihaknya juga menggelar pameran foto. Foto-foto yang dipamerkan sendiri merupakan foto keindahan Pekalongan, terutama dari pecinta Pekalongan yang mengunggah foto di instagram. Antusias masyarakat sendiri terbilang apik. Banyak masyarakat yang menggunakan fasilitas TBJ ini. Beberapa waktu lalu pun pihaknya sempat mendapatkan bantuan buku senilai puluhan jutaan rupiah dari anggota DPR RI.

 

Meski begitu, pihaknya pernah mendapatkan kendala. Salah satunya karena perizinan penggunaan tempat. “Kami sempat berurusan dengan satpol PP karena dilarang buka lapak di area pendopo lapangan Mataram. Kata mereka sih dilarang karena tidak boleh dipakai buat jualan. Tapi kan kita tidak jualan di situ. Ya itu tahun lalu sih, kami sekarang mencoba spot lain, dari pada digusur. Kalau dis sini kami masih kucing-kucingan. Karena pengurus perizinannya lumayan sudah. Tapi kalau di tempat lain alhamdulillah aman terkendali,” tandasnya. (nov)

 

 

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 10-07-2017)