Sensus Ekonomi Capai 99,28 Persen

KOTA – Hingga Senin (30/5), atau hari ke-30 pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pendataan yang dilakukan oleh petugas sensus sudah mencapai 99,28 persen.

 

Demikian disampaikan Kepala BPS Edi Prawoto, melalui Kepala Seksi Statistik dan Distribusi, Burhanudin, Senin (30/5). “Hingga hari ini (kemarin, red), pendataan sudah mencapai 99,28 persen. Memang belum seratus persen, tetapi insya Allah, pada hari terakhir sensus 31 Mei, bisa selesai sesuai target,” ujarnya.

 

Dia mengungkapkan, sejak hari pertama hingga kemarin dilaksanakannya Sensus Ekonomi 2016 di Kota Pekalongan, secara umum petugas pencacah maupun pengawas di lapangan tidak menemui kendala berarti.

 

Namun, memang masih ada kekurangan untuk pendataan perusahaan-perusahaan besar di Kota Pekalongan yang merupakan cabang dari perusahaan yang berkantor pusat di kota lain. “Yang belum tinggal pendataan yang perusahaan-perusahaan atau unit-unit usaha besar, karena mereka masih menunggu izin dari kantor pusatnya,” katanya.

 

Burhanudin menuturkan, dalam Sensus Ekonomi 2016 ini, BPS Kota Pekalongan mengerahkan 396 orang Petugas Pencacah Lapangan (PCL) dan 132 Petugas Pemeriksa Lapangan (PML). “Satu PML mengampu tiga PCL. Tiap PCL wilayah kerjanya di dua blok sensus. Sedangkan tiap satu blok sensus terdiri atas 100 sampai 150 rumah tangga,” bebernya.

 

Dari hasil pencacahan di lapangan, hingga kemarin telah terdata sekitar 39 ribu unit usaha yang ada di Kota Pekalongan, baik itu unit usaha kecil, menengah, ataupun besar.

 

Burhanudin juga menyampaikan, tahapan berikutnya setelah proses pendataan di lapangan adalah tahap pemeriksaan dan ‘editing coding’. Lalu, akan dilanjutkan dengan proses ‘scaning’ terhadap hasil pencacahan atau pendataan.

 

Tetapi yang dilakukan di Kota Pekalongan hanya pada proses pendataan di lapangan dan proses editing coding. Sedangkan proses scaning akan dilakukan di tingkat provinsi,” imbuh dia. (way)

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 31-05-2016)