Relawan belajar.id Dibekali Aktivasi Pemanfaatan Akun Belajar

Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) setempat bekerjasama dengan Smart Learning and Character Center (SLCC) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) membekali para relawan kanal belajar.id untuk mengakselerasi, aktivasi dan pemanfaatan akun belajar.id, berlangsung di Ruang ILC Dinkominfo setempat, Selasa (13/6/2023).

Kepala Dinkominfo Kota Pekalongan, Arif Karyadi melalui Kepala Bidang Aplikasi dan Persandian, Kusuma Adi Achmad menjelaskan bahwa, akun belajar.id ini tentunya banyak sekali platformnya mulai dari aplikasi olah kata, olah angka, presentasi, maupun learning management system.

"Ini bisa digunakan untuk peserta didik maupun tenaga kependidikan khususnya terkait pengelolaan sekolah," ucap Kadia, sapaan akrabnya.

Menurutnya, aplikasi ini perlu upgrading skills yang dilakukan secara berjenjang mulai dari relawan yang bisa diimbaskan kepada guru maupun tenaga pendidik yang ada di sekolah-sekolah. Lanjutnya, Dinkominfo memberikan dukungan penuh atas kegiatan pembekalan ini
"Berangkat pada mindset, skillset dan toolset yang diharapkan pemanfaatan akun belajar.id ini dapat berkontribusi bagi pendidikan, peserta didik, tenaga kependidikan maupun tenaga pendidik, sehingga kualitas penyelenggaraan kegiatan belajar ?mengajar tetap bisa terwujud," tegasnya.

Sementara itu,  narasumber dalam kegiatan pembekalan tersebut, Heru Pramono, adapun para peserta pembekalan diberikan pembekalan mengenai pengenalan laman belajar.id sebagai pintu utama pengajuan akun dan trouble shooting account, pengenalan akun belajar.id untuk membantu tugas-tugas administratif ataupun pengelolaan  pembelajaran.

"Disamping itu, kami kenalkan pemanfaatan platform merdeka belajar yang dirilis Kemendikbudristek RI untuk membantu para guru mengupgrade tentang pengelolaan pembelajaran khususnya implementasi Kurikulum Merdeka," tutur Heru.

Disampaikan Heru bahwa, akun belajar.id sebagai akun resmi komunikasi dari Kemendikbudristek ke para siswa, guru, dan tenaga kependidikan. Akun tersebut bisa untuk mengakses canva for education yang bisa diakses seperti canva premium. 

"Harapannya, semakin mengedukasi tentang manfaat akun belajar.id sehingga dari akun yang diaktivasi, guru bisa memanfaatkan sebaik-baiknya dan memberikan pengimbasan kepada peserta didiknya serta adanya akun belajar.id ini bisa semakin memajukan pendidikan di Kota Pekalongan," tandasnya.