Perkuat Pelayanan Publik, Admin OPD Dilatih SP4N Lapor Versi 3.0

Guna meningkatkan pelayanan publik, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) bekerjasama dengan Bagian Organisasi dan Inspektorat Kota Pekalongan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-LAPOR!) versi 3.0 untuk admin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Pekalongan, di Ruang BLC Dinkominfo Kota Pekalongan, Senin (11/10/2019).
Kegiatan bimbingan teknis yang mengusung SP4N Lapor! Untuk Pelayanan Publik yang lebih baik ini akan berlangsung selama 4 hari mulai 11-14 November 2019 dikuti 89 OPD. Sekretaris Dinkominfo Kota Pekalongan, Drs Kisworo Poso MSi membuka bimbingan teknis SP4N Lapor! Kali ini. “Tugas pemerintah adalah melayani publik, SP4N Lapor! inilah yang akan menjadi wadah aduan masyarakat atas ketidakpuasan pelayanan pemerintah sehingga admin OPD harus cepat dan tanggap memberikan respon dan jawaban,” tandas Kisworo.
Menurut Kisworo, kalau masyarakat tidak puas akan mengadu, tentu para admin OPD dituntut untuk menguasai SP4N Lapor! ini karena aduan ini akan sampai di Kemenpan RB, Staf Kepresidenan RI, dan ombudsman yang mengawasi. “Para admin OPD harus memanfaatkan bimbingan teknis ini dengan sebaik-baiknya, agar implementasi SP4N Lapor! atau penanganan pengaduan nantinya dapat cepat tertangani,” jelas Kisworo.
Lanjut Kisworo menerangkan, Pemerintah Kota Pekalongan memiliki banyak pelayanan, di samping itu tuntutan masyarakat adalah mendapatkan pelayanan cepat. Ditambah lagi masyarakat saat ini inginnya serba instan, padahal instansi pemerintah memiliki aturan yang berlaku. “Semoga pelayanan public di Kota Pekalongan semakin baik, cepat dan tanggap menangani pengaduan,” tegas Kisworo.
Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Informasi dan Persandian (PSIP) Dinkominfo Kota pekalongan, Harry Rudiyanto SKom MM menyampaikan bahwa bimbingan teknis ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi SP4N Lapor! di Kota Pekalongan, pelatihan tingkat nasional bersama Kemenpan RB, dan pelatihan bagi admin Kota Pekalongan. “Pada hari ini ada 18 dari 89 OPD dan instansi pelayanan yang diundang atau sasaran SP4N Lapor!, dan akan dilanjutkan empat hari ke depan,” terang Harry.
Dibeberkan Harry bahwa bimbingan teknis kali ini disampaikan kebijakan SP4N Lapor dan teknis pelayanan pengaduan melalui aplikasi dengan menghadirkan narasumber admin Kota Pekalongan yakni dari Dinkominfo, Bagian Hukum, dan Inspektorat Kota Pekalongan.