Pengamanan Arus Mudik Jadi Prioritas

Beberapa tugas berat dan tanggungjawab besar sudah menanti AKP Rachmawati Wulandari, yang sejak Jumat (12/5) resmi menjabat sebagai Kasatlantas Polres Pekalongan Kota yang baru, menggantikan AKP Sugiyanto. Salah satunya, dalam waktu dekat yang akan dihadapi adalah pengamanan arus mudik elbaran. Hal inilah yang menjadi prioritas terdekat dari AKP Rachmawati, agar pengamanan arus mudik maupun balik lebaran mendatang berjalan aman, nyaman, tertib dan lancar.

 

Sebagai Kasatlantas, utamanya adalah terkait dengan kamseltibcarlantas. Kota Pekalongan ini adalah jalur yang sangat padat lalu lintasnya. Kemudian titik-titik lelah orang yang mudik itu pasti ada disini. Kemudian ruas jalan di sini adanya seperti ini. Yang pasti, rencana prioritas ke depan yang terdekat dan utama adalah pengamanan mudik lebaran,” ungkap Rachmawati, usai acara sertijab di Mapolres Pekalongan Kota, Jumat (12/5).

 

Menurut Kastlantas wanita pertama di wilayah Pekalongan Kota ini, pejabat Kasatlantas yang menjabat sebelum dirinya sudah membuat beberapa rencana pengamanan. Kemudian jalur-jalur alternatif mudik juga sudah disiapkan, serta sudah terintegrasi dengan seluruh Satlantas jajaran di pantura.

 

Nanti jalur-jalur alternatif itu sudah menjadi satu kesatuan. Kemarin sudah dilaksanakan technical floor di Polda Jateng. Jadi sudah menjadi satu kesatuan satu suara untuk pengalihan arusnya, nanti kesini, kesitu. Jadi bekerja di lapangan nanti sudah terkoneksi dan terintegrasi. Misal di Pemalang nanti ada alternatifnya kemana tembus kemana, kemudian di kita alternatifnya kemana tembus kemana, itu semua sudah dikoordinasikan,” ungkap polwan yang sebelumnya menjabat sebagai Paur SIM Ditlantas Polda Jateng ini.

 

Polwan kelahiran Jogjakarta bulan Mei tahun 1977 ini menambahkan, berdasar informasi dari Kemen PU Pera, jalur tol Pemalang-Batang pada H-7 nanti sudah bisa fungsional. Tetapi menurutnya hal itu harus dicek kembali kesiapannya seperti apa. “Karena pasti masih banyak kekurangan-kekurangannya, apalagi kalau malam hari. Kemudian kita akan lihat juga exit tol-nya kesiapannya seperti apa,” terangnya.

 

Rachmawati menambahkan, dalam rangka pengamanan arus mudik ini, pihaknya akan melakukan analisa dan evaluasi, bagaimana kondisi arus mudik dan pengamanan tahun sebelumnya dibandingkan dengan saat ini. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait, terutama dengan Dinas Perhubungan. “Nanti kita akan koordinasi dengan Dishub utamanya, sistem transportasinya seperti apa, manajemen lalu lintasnya seperti apa, rekayasa lalu lintasnya seperti apa. Kita yang namanya tanggungjawab lalu lintas bukan di polisi saja, tapi dengan instansi terkait,” pungkasnya. (way)

 

 

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 15-05-2017)