Pemkot Pekalongan Gelar Seminar Smart and Creative Bisnis Menuju Smart and Creative City

Pekalongan Info Publik –Bekerja sama dengan sejumlah pihak, seperti Bank Indonesia (BI) Perwakilan Tegal, Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkrindo), Bukalapak.com dan lain-lainya Pemkot Pekalongan menggelar Seminar bertema Smart & Creative Bisnis menuju Smart and Creative City di Hotel Dafam, Rabu (5/10).

 

Dalam acara yang digelar sebagai salah satu rangkaian Pekan Batik Nusantara (PBN) 2016 ini Walikota Pekalongan Alf Arslan Djunaid menegaskan pentingnya para pelaku usaha untuk lebih memahami pentingnya  Tekhnologi Infomasi (TI) di era persaingan yang semakin ketat. Karena ketika sekat-sekat dan batas negara tidak lagi menjadi kendala bagi suatu produk, maka diperlukan keandalan produk dan layanan yang harus dimiliki oleh setiap barang dan jasa.

 

 “Kami berharap, kegiatan seminar ini, mampu mengeksplorasi seluruh potensi yang dimiliki oleh anak bangsa, di dalam menghadapi persaingan yang kian ketat. Baik di antara produk-produk dalam negeri, maupun barang dan jasa yang berasal dari mancanegara,” ujarnya.

 

Menurut pria yang akrab disapa Alex itu pemasaran secara konvensional, dengan bertemunya penjual dan pembeli dalam suatu tempat secara fisik, lambat laun sudah tertinggal dan ditinggalkan. Saat ini, dengan kemajuan ilmu, pengetahuan dan teknologi, penjual dan pembeli tidak perlu bertemu secara fisik, namun tinggal klik di layar monitor, maka transaksi pun dapat berjalan dengan mudah dan cepat.

 

Meski demikian, diperlukan pelayanan prima di dalam merebut hati pelanggan, sebagaimana ketika transaksi fisik dilakukan, di antara kualitas barang dan jasa tetaplah yang terbaik dan sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. “Perlu kami tandaskan, bahwa bisnis di dunia maya, adalah bisnis kepercayaan. Semakin kita dipercaya, maka kita akan semakin jaya, dan sekali saja kita mencederai kepercayaan tersebut, pemulihannya akan membutuhkan waktu yang relatif lama,” tandasnya lagi.

 

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara Slamet Prihantono dalam laporanya menegaskan kedepan ekonomi kreatif kian lama kian penting dan strategis dan akan menuju ke system berbasis e-bisnis atau e-comerse. “Karenanya seminar seperti ini diperlukan untuk memberikan edukasi pada para pelaku usaha terutama UKM,” tegas Penjabat (Pj) Sekda Kota Pekalongan tersebut. (MC/Diskominfo/AN Takari)