Pemkot Pekalongan Gandeng Ubinus Kembangkan IT

Pekalongan, Info Publik – Langkah Pemerintah kota (Pemkot) Pekalongan untuk terus maju dalam bidang Informasi Tekhnologi (IT) terus bergerak maju. Setelah bekerja sama dengan sejumlah lembaga, Kali ini giliran Universitas Bina Nusantara (UBinus) Jakarta yang digandeng.  Hal itu terbukti dengan ditandatanganinya memori of Understanding (MOU) antara kedua lembaga di Ruang Sidang DPRD Kota Pekalongan, Senin (15/6). Penanda tanganan dilakukan antara Walikota Pekalongan HM Basyir Ahmad dengan Rektor Ubinus  Harjanto Prabowo . Hadir pula pada kesempatan tersebut kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso.

Rektor Ubinus Harjanto Prabowo mengaku bangga bisa bekerja sama dengan Pemkot Pekalongan dalam rangka membantu pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan bidang-bidang kreatif serta inovatif lainya.”Harapanya kerjasama ini dapat mengawali kerjasama di bidang lainya,” ujar Harjanto yang ternyata juga putra asli Pekalongan itu.

Harjanto mencontohkan kemungkinan system aplikasi yang sudah dipakai di Ubinus juga bisa diaplikasikan di Pemkot Pekalongan. “Salah satunya adalah sisi design grafis dan animasi, kalau IT mungkin dilakukan oleh lembaga-lembaga lain yang juga bekerja sama dengan Pemkot Pekalongan,” tambahnya.

Sementara itu Basyir Ahmad dalam sambutanya mengatakan langkah awal kerjasama dengan Ubinus ini adalah muaranya untuk memajukan ekonomi kreatif dan inovatif. “Jadi kemungkinan tidak hanya dengan lingkungan pemkot tapi juga dengan komunitas seperti Batik TV misalnya dalam kerjasaa memproduksi film sendiri dan lain-lainya, karena sudah jelas dalam hal yang satu ini Binus lebih berpengalaman,” ujar Basyir.

Lebih jauh Basyir mengharapkan agar Kota Pekalongan bisa dijadikan laboratorium yang komplit bagi Binus. “Baik dalam penilitian, pengembangan maupun pengabdian masyarakat dari Binus,” tandasnya. Karenanya basyir berjanji akan memfasilitasi jika Binus akan mengadakan KKN Tematik di Kota Pekalongan. (MC/Diskominfo/Yogi/AN Takari)