Mudahkan Penyampaian Informasi, KIM Kelurahan Kalibaros Dibentuk

Kota Pekalongan - Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah suatu lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat yang secara khusus berorentasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya. KIM tentu akan mendorong masyarakat untuk mendayagunakan informasi agar memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat yakni peningkatan kesadaran akan pentingnya informasi, peningkatan akses dan pedayagunaan informasi.
 
Kelurahan Kalibaros, Kecamatan Pekalongan Timur  berkomitmen untuk membentuk KIM Kelurahan sebagai media penyebarluasan informasi sampai ke masyarakat kalangan bawah. Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan menyambut baik terbentuknya KIM Kelurahan Kalibaros yang terbentuk di Ruang Rapat Kelurahan Kalobaros, Kamis malam (15/5/2019).
 
Menurut Kepala Seksi Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dan Layanan Informasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan, Nurul Indrawati KIM kalibaros memiliki semangat dan antusiasme yang luar biasa. “Kami menyambut baik KIM Kalibaros untuk menjadi mitra dinkominfo untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Malam ini dibentuk kepengurusannya, dan akan diibuatkan berita acara untuk dibuatkan Surat Keputusan Walikota,” papar Nurul.
 
Nurul ingin seluruh masyarakat di Kota Pekalongan dapat melek informasi karena selama ini informsi mungkin belum sampai ke masyarakat kalangan bawah yang belum bisa memanfaatkan smartphone dan internet. “Semoga KIM Kalibaros yang baru dibentuk ini bisa tangguh di masyarakat dan dapat maju seperti KIM Kelurahan yang sudah lama,” tutur Nurul.
 
Lurah Kalibaros, Saptadi menyampaikan bahwa melalui KIM nantinya masyarakat akan semakin tahu dan paham terkait kegiatan dan kebijakan. Kepengurusan KIM dibentuk dengan melibatkan 10 personil pilihan dari masyarakat Kelurahan Kalibaros. “Dengan adanya Kim ini harapamnya warga kami yang belum bisa mengakses android bisa mengakses informasi melalui pengumuman KIM,” tandas Saptadi.
 
Ketua KIM Kelurahan Kalibaros, Sumejo sebagai ketua terpilih mengharapkan kemudahan informasi dari Pemkot Pekalongan ke tibgkat kelurahan dan RW. “Gerakan seperti kerja bakti dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang melibatkan seluruh warga ini contohnya yang penting untuk diinformasikan,” pungkas Sumejo.
 
(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)