Menengok Sosok Parikesit, ASN Kota Pekalongan

*Mantan Atlet Angkat Besi yang Puluhan Tahun Mengabdi

Tubuhnya yang renta tak mengubah semangatnya yang masih saja muda. Dengan membawa tripod dan handycam di tangannya, kakinya masih kuat berlari mendokumentasikan momen kegiatan di Pemerintah Kota Pekalongan. Sosok itu bernama Parikesit, seperti apa?


MASA pensiun Parikesit pernah September 2020 telah tiba, selaku abdi negara dan abdi masyarakat tugasnya telah ia penuhi. Namun bagi Parikesit bukan berarti bahwa pengabdian ini berakhir, justru masa pensiun adalah kesempatan untuk melanjutkan pengabdian di masyarakat yang tertunda karena kesibukan pada saat masih aktif bekerja sebagai ASN.

Pagi tadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan, Yos Rosyidi SIP MSi melepas Parikesit di masa akhir pengabdiannya. “Ini bentuk apresiasi dari institusi atas pengabdian dan loyalitas pegawai selama puluhan tahun. Ia menilai ini merupakan sebuah prestasi dan kebanggaan yang mampu memberikan inspirasi pegawai yang masih aktif untuk semakin semangat bekerja," tutur Yos.

Sosok Parikesit memang sulit terlupakan, Bapak dari tiga anak ini ramah dan suka tersenyum meskipun giginya tak serapi saat muda. "Hanya bisa makan makanan yang matic atau empuk," katanya.

Dalam kesibukannya menjadi ASN, Parikesit aktif di Korps Musik Kota Pekalongan. Jajaran pegawai di lingkungan Pemkot Pekalongan pastilah tau "Pak Kesit Jago Main Musik". Musik dan seni telah menjadi bagian dari hidup Parikesit, di sela-sela waktu luangnya Parikesit membuat berbagai hiasan dari kulit/cangkang telur.

Parikesit telah menjadi ASN di Kota Pekalongan sejak 1 Maret 1985. Sepanjang 35 tahun ini ia jalani pengabdiannya tanpa lelah. Bahkan di luar jam kantor ketika ada agenda kegiatan Walikota, Wakil Walikota, dan Pemerintah Kota Pekalongan Parikesit hadir untuk mendokumentasikan. Seperti yang ia lakoni setiap Sabtu dini hari Parikesit rutin mendokumentasikan Salat Subuh Berjamaah Bersama Walikota Pekalongan.

Yos berharap pegawai pensiunan per 1 September 2020 ini, ke depannya dapat menjalani hari dengan suka cita, meningkatkan silaturahmi, dan menyalurkan hobi yang selama ini tertahan. Sementara untuk pegawai yang masih ingin berkarya.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)