Memaksimalkan Perannya, KIM Libatkan Generasi Muda

Sebagai mitra pemerintah untuk menyampaikan informasi terkait pembangunan, perkembangan, maupun program pemerintah kota Pekalongan, kehadiran Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) sangat penting dalam komunikasi publik, sehingga kepengurusan KIM harus melibatkan semua kelompok usia. 
 
Hal ini diungkapkan langsung oleh ketua KIM kota Pekalongan, Zaenal Muhibbin, saat pembinaan dan penguatan peran KIM Kelurahan Kuripan Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, kemarin. Menurut Muhibbin, lintas usia harus ada dalam pengurus KIM, sebab dibutuhkan kreativitas dalam proses pengolahan dan penyebaran informasinya. 

"KIM dibutuhkan kreativitas, jangan sampai KIM menjenuhkan, persebaran informasi jika prosesnya datar-datar saja, meskipun masyarakat butuh, mereka kurang perhatian,"

Terlebih generasi muda jaman milenial saat ini, dinilai Muhibbin memiliki potensi cukup besar dan siap untuk dimotivasi dan didorong lebih kreatif dalam berpikir dan bersikap untuk membawa KIM benar-benar mampu mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah yang baik antar kelompok/masyarakat maupun dengan pemerintah daerah sehingga masyarakat mampu memilah informasi yang dibutuhkan bagi kepentingan pribadi maupun kelompok. 

"Kita libatkan semua usia, pelajar, mahasiswa dan aktivis masyarakat supaya di tahun 2022 ini sinergi antara KIM kelurahan dan pemerintah kota Pekalongan melalui Dinas Komunikasi dan Informasi bisa membuat titik kekuatan KIM di kota Pekalongan," pungkasnya. 

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)