Lurah Praktik Akses pusaka.pekalongankota.go.id

Kota Pekalongan, Info Publik - Berbagai data dan informasi terpilih seputar Kota Pekalongan dianalisis dan disajikan dalam pusaka.pekalongankota.go.id atau Kota Pekalongan dalam Angka. Ini untuk membantu masyarakat sebagai pengguna data dalam memahami perkembangan pembangunan serta potensi yang ada di Kota Pekalongan. Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan telah melakukan sosialisasi sadar data. Sebagai tindak lanjut sosialisasi, dinkominfo mengundang lurah se-Kota Pekalongan untuk praktik mengakses pusaka.pekalongankota.go.id di Ruang Broadband Learning Center (BLC) Dinkominfo Kota Pekalongan, Selasa (18/12/2018).

 

Plt Kepala Dinkominfo Kota Pekalongan, Dr Sri Budi Santoso mengungkapkan, Dinkominfo mengundang lurah se-Kota Pekalongan untuk mensosialisasikan layanan berbasis aplikasi. 'Layanan data statistik di pusaka.pekalongankota.go.id ini adalah layanan online 24 jam yang bisa diakses oleh masyarakat secara luas,' terang SBS. 

 

Dikatakan SBS, website ini sudah siap digunakan dan dimanfaatkan, data yang sudah dipublikasikan ini bisa diunduh dalam bentuk pdf atau excel. 'Untuk data yang bisa diakses yakni Pekalongan Dalam Angka (PDA) yang berisi publikasi yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan secara periodik. Ini dari data sensus, survei dan kompilasi data, dari instansi swasta dan pemerintah,' ungkap SBS. 

 

Lurah menjadi ganda terdepan untuk mensosialisasikan persoalan data kepada masyarakat. PDA dalam pusaka.pekalongankota.go.id ini berisi data terkait geografi dan iklim, pemerintahan, kependudukan dan Ketenagakerjaan, sosial, pertanian, industri, perdagangan, hotel dan pariwisata, transportasi dan komunikasi, serta keuangan daerah dan harga. 'Ini menjadi bagian dari transparansi dan upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Harapannya dapat memudahkan masyarakat untuk mengakses data,' tukas SBS.

 

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)