Literasi Digital, Dorong UMKM Naik Kelas

Kota Pekalongan – Sejak dilaunching pada September lalu, roadshow Literasi Digital ke 16 kelurahan dan empat kecamatan, sinergi antara Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan dengan jaWAra internet sehat dan Relawan TIK mulai dilakukan. Roadshow dilakukan mulai 30 September hingga 19 November 2021.

JaWAra Internet Sehat merupakan sebuah program untuk mendorong anak muda dari berbagai daerah di Indonesia untuk dapat berperan serta dalam program Indonesia Makin Cakap Digital. Dengan semangat dan kapabilitasnya, mereka akan menginisiasi dan melaksanakan edukasi literasi digital di daerahnya masing-masing.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinkominfo melalui Kasi Aplikasi dan Pelayanan PBE, Rakhmawati ST saat ditemui di Kantor Kecamatan Pekalongan Utara, Sabtu (2/10/2021). Ia menjelaskan, di era digital ini para pelaku usaha atau UMKM dimudahkan dalam melakukan transaksi. Peluang ini yang dimanfaatkan untuk memberikan edukasi bagaimana pemanfaatan media sosial  khususnya pada media sosial instagram dan WA bussines untuk mendongkrak penjualan dan mempromosikan produknya.

“Pemanfaatan teknologi saat ini sudah sangat familiar bagi kebanyakan orang, terlebih pengguna IG dan WA. Tetapi, bagaimana kita dorong agar mereka dapat menggunakan teknologi untuk kegiatan positif,”ungkapnya.

Ditambahkan oleh, Ketua Relawan TIK Kota Pekalongan, Much Rifqi Maulana MKom mengatakan, dalam mengoptimalkan penggunaan medsos tentunya harus dibarengi dengan kesadaran keamanan data pribadi. Termasuk, tidak mudah terpancing dengan isu hoax (bohong) dan menyebarkan pesan berantai yang belum jelas kebenarannya.

Lanjutnya, selain tema pengoptimalan medsos dan privasi digital, tema lain yang tak kalah menarik yakni sosialisasi menjaga keselamatan anak dari dunia maya. Rifqi mengaku prihatin melihat arus teknologi yang mana penggunanya tidak hanya orang dewasa namun juga anak-anak.

“Menjadi kekhawatiran bersama karena banyak potret anak yang tidak terkontrol dalam menggunakan gawainya,”katanya.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai narasumber Desi seorang food fotografi memberikan tips dan trik cara mengambil foto produk supaya tampak menarik.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)