Kota Pekalongan Berbagi Informasi Inovasi Teknologi

Pemerintah Kota Pekalongan telah menerima apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri RI atas keberhasilan Pemerintah Kota Pekalongan mengintegrasikan perencanaan dan penganggaran berbasis elektronik ke dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Selain itu, berbagai inovasi teknologi digencarkan Pemerintah Kota Pekalongan. Atas capaian di kancah nasional ini beberapa pemerintah daerah ngangsu kawruh ke Kota Pekalongan. Salah satunya Kunjungan Pimpinan DPRD dan Komisi I DPRD Kulon Progo, rabu (5/2/2020).

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pekalongan memaparkan inovasi yang telah dilakukan terkait dengan teknologi. Wakil Ketua II DPRD Kulon Progo, Lajiyo Yok Mulyono mengungkapkan bahwa kunjungan Kulon Progo ini untuk ngangsu kawruh terkait dengan Dinkominfo dan IT-nya yang termasuk baik di Indonesia. “Kami ingin menggali inovasi yang dilakukan di sini, hal-hal inovatif yang dapat diikuti akan kami dorong di Kulon Progo,” jelas Lajiyo.

Menurut Lajiyo, Kota Pekalongan ini sebagai Kota Kreatif Dunia, Batiknya pun telah mendunia, dan Kulon Progo belum mencapai atau memiliki hal itu. “Kami sebagai anggota dewan yang merupakan mitra dari eksekutif hanya dapat mendorong di daerah kami,” kata Lajiyo.

Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Setwan Kota Pekalongan, Wismo Aditiyo SPt MT menyampaikan bahwa memang ada suatu semangat dari Kabupaten Kulon Progo terkait perkembangan dan inovasi teknologi di sana. “Mereka kirim surat ke kami untuk sharing informasi dari sisi IT. Dimana pemangfaatan IT tidak melulu soal aplikasi tetapi ke muaranya yakni bagaimana pemanfaatan IT bagi sistem pemerintahan yang baik. Kemudian system tersebut juga dimanfaatkan oleh semua aspek yakni masyarakat dan seluruh aparat di Kota Pekalongan,” ungkap Wismo.

Menurut Wismo dengan ditujunya Kota Pekalongan sebagai daerah kunjungan, Kota Pekalongan harus selalu aktif dan berinovasi. “Tidak berhenti pada titik atau capaian saat ini. Kita harus bergerak lagi untiuk kemajuan Kota Pekalongan,” tandas Wismo.