Jelang Lebaran, Lima Pospam akan Didirikan

MENJELANG lebaran mendatang, Polres Pekalongan Kota akan mendirikan lima pos pengamanan (pospam) untuk mendukung keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas selama arus mudik hingga arus balik.

 

Demikian disampaikan Kapolres Pekalongan Kota AKBP Enriko Sugiharto Silalahi, kemarin (15/6). “Nanti menjelang lebaran akan kita dirikan lima pos pengamanan. Selain itu ada pula satu pos pelayanan, dan 29 pos gatur (siaga dan pengaturan),” katanya.

 

Pos-pos tersebut akan didirikan di sepanjang jalur pantura dan jalur alternatif yang akan dilewati oleh para pemudik. Tersebar mulai dari perbatasan Kota Pekalongan dengan Kabupaten Pekalongan, serta perbatasan dengan Kabupaten Batang. “Kita sudah siapkan personel yang akan dilibatkan,” ujarnya.

 

Kapolres menambahkan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan instansi lain. Misalnya dengan PT KAI, terkait adanya perlintasan kereta api (ka) yang belum berpalang pintu maupun yang belum ada petugasnya. “Nanti akan kita koordinasikan supaya ada petugas yang jaga. Kita koordinasi juga dengan anggota Linmas setempat untuk bisa membantu menjaga,” ungkapnya.

 

Lalu telah dikoordinasikan pula tentang rencana penyiapan jalur-jalur alternatif dan rambu-rambu bersama instansi terkait. “Rencananya akan ada gelar pasukan pada 30 Juni mendatang. Lalu mulai tanggal 30 Juni itu juga pospam-pospam, pos yan, dan pos gatur akan mulai ditempati oleh para petugas,” terangnya.

 

AKBP Enriko menambahkan, selama Ramadan ini, pihaknya telah menggencarkan operasi pemberantasan penyakit masyarakat (pekat). Sasarannya antara lain peredaran minuman keras, perjudian, narkoba, pasangan mesum/prostitusi, premanisme, petasan, dan sebagainya. “Operasi pekat ini sudah berakhir pada 13 Juni kemarin. Nanti rencananya pada 30 Juni mendatang akan ada pemusnahan barang bukti hasil operasi pekat,” tambah dia. (way)

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 17-06-2016)