Hijaukan Pekalongan, 1350 Mangrove Ditanam

Komunitas Insta Pekalongan

 

 

 

KOTA – Ratusan pemuda Pekalongan turut serta dalam penanaman mangrove yang diinisiasi Komunitas Insta Pekalongan, Minggu )16/4). Dalam penanaman yang dilakukan disekitar krematorium Pasir Sari setidaknya ada 1.350 bibit mangrove yang ditanam. Penanaman sendiri bertujuan untuk menghijaukan Pekalongan dan mengurangi dampak ambrasi laut.

 

Diwawancarai usai kegiatan, Ketua Panitia, Jihan Setia Bella menerangkan kegiatan ini sudah empat kali digelar komunitasnya. Pada awalnya pihaknya hanya berencana untuk menanam 1.000 mangrove. Namun mendekati kegiatan ada tambahan bibit mangrove dari SMAN 1 Kajen.

 

Kegiatan ini sudah rutin kami gelar dan ini keempat kalinya penanaman mangrove ini kami lakukan. Yang pertama kami lakukan di PRPP, yang kedua kami lakukan di pantai Tirto dan yang ketiga dan keempat disini, dikrematorium Pasir Sari. Kegiatan ini kami lakukan agar Pekalongan ini lebih hijau dari sebelumnya. Ini langkah antisipasi untuk ke depan, agar mencegah musibah-musibah dan kondisi alam yang tidak diinginkan,” terangnya.

 

Dijelaskan, sebelumnya pihaknya telah melakukan penggalangan dana untuk membeli bibit mangrove. Penggalangan dana sendiri dilakukan selama kurang lebih dua bulan di tempat-tempat umum baik di kota maupun Kabupaten Pekalongan. “Selain ada donasi dari SMA N 1 Kajen kami juga dari awal sudah menggalang dana. Dengan cara menjual stiker kegiatan ini. Alhamdulillah respon masyarakat sangat positif sekali. Sehingga target menanam seribu mangrove pun berhasil terlaksana. Dengan ini kami berharap akan berdampak baik dalam menjaga ekosistem pantai di Pekalongan. Sehingga dapat meminimalisir bencana alam seperti rob dan lainnya. Dan semoga Pekalongan lebih hijau ke depannya,” harapnya. (ap5)

 

 

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 18-04-2017)