Hasil Audiensi Pengurus GP Ansor Dengan Walikota

*Dorong Pemkot Menuntaskan Masalah Pencemaran Sungai Pekalongan

 

ROMBONGAN yang terdiri dari belasan pengurus dari GP Ansor Kota Pekalongan, menjadi salah satu dari sekian antrean tamu yang ingin beraudiensi dengan Walikota hari itu. Menyambut pemimpin baru di Kota Pekalongan, GP Ansor ingin segera bersinergi, terutama dalam mengatasi masalah lingkungan.

 

Menunggu beberapa saat, rombongan akhirnya diterima Walikota didampingi Plt Kepala BLH, Sutarno, di ruang kerjanya. Tak hanya rombongan Ansor, mereka diterima sekaligus bersama dengan Pemuda Muhammadiyah Kota Pekalongan. Berbagai masukan dan usulang mengemuka, terutama mengenai masalah lingkungan.

 

Wakil Ketua GP Ansor bidang Lingkungan, Agus Rofiqi menyatakan, GP Ansor berkomitmen untuk ikut terjun dalam penanganan masalah lingkungan hidup di Kota Pekalongan. Sejumlah agenda dan kegiatan sudah disiapkan termasuk penanganan masalah pesisir dan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang akan menjadi prioritas program lingkungan hidup mereka.

 

Ada beberapa agenda kegiatan dari GP Ansor yang berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan. Beberapa sudah dilaksanakan seperti penanaman mangrove dan pungut sampah bersama. Namun kami juga punya sejumlah agenda lain, yang khususnya berkaitan dengan penanganan masalah pesisir dan DAS,” terang Agus Rofiqi, yang juga mantan Caleg PKB itu.

 

Pihaknya, lanjut Agus, juga sudah bertemu dengan Walikota Pekalongan untuk menyampaikan gagasan dan komitmennya untuk turut serta dalam penanganan masalah lingkungan. Selain untuk mensinergikan program dan kegiatan, GP Ansor juga mendorong pemerintah untuk terus mendorong penanganan pencemaran sungai.

 

Harapan kita bersama dapat mewujudkan sungai Kota Pekalongan ini kembali normal, kembali jernih. Kami ingin mendorong Pemkot agar terus melaksanakan komitmen tersebut. Salah satunya menambah anggaran untuk membangun Ipal komunal yang fungsinya bisa meminimalisir pencemaran,” kata Agus, yang juga pernah aktif di koperasi Caka Dhomas.

 

Ketua GP Ansor, Mohammad Shodiq menambahkan, selain mempunyai kader lingkungan tersendiri, dalam menjalankan program peduli lingkungan pihaknya juga bekerjasama dengan NU Peduli Lingkungan dalam berbagai kegiatan. “Kedepan mungkin kami juga akan bekerjasama dengan banyak komunitas lagi yang bergerak di bidang lingkungan,” tambah dia.

 

Walikota Pekalongan, A Alf Arslan Djunaid menyambut positif dukungan dan masukan GP Ansor bersama Pemuda Muhammadiyah. Dirinya berjanji mengakomodir dan akan melibatkan organisasi pemuda untuk menangani masalah lingkungan.

 

Hal yang sama disampaikan Plt Kepala BLH, Sutarno. Dia menilai, langkah yang dilakukan GP Ansor cukup baik. Mereka juga berkomitmen untuk terlibat dalam penanganan masalah lingkungan. “Sangat positif, ternyata GP Ansor juga sudah mempunyai komunitas sendiri yang bergerak di bidang ligkungan,” kata Sutarno.

 

Yang terpenting, lanjut dia, keterlibatan organisasi pemuda seperti GP Ansor juga dapat mengedukasi dan menginspirasi masyarakat luas untuk ikut peduli terhadap masalah lingkungan. “Beberapa kegiatan BLH dan GP Ansor sudah berjalan bersama, termasuk saat kegiatan di Tangerang kemarin. Kerjasama kami sudah berjalan baik,” tandas Sutarno.(*)

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 02-03-2016)