Gubernur Canangkan Gerakan Berburu Jentik Nyamuk

Pekalongan, info publik -  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke Kota pekalongan untuk melakukan beberapa agenda salah satunya adalah mengajar di SMA Bernardus Jl Patriot, kamis (4/2) kemarin.

 

Setibanya di SMA Bernardus Gubernur di dampingi Pj Walikota , Sekda Kota Pekalongan , Asisten II dan Kepala Dinas Serta Kepala Sekolah SMA Bernardus langsung memeriksa selokan dan toilet untuk memastikan tidak ada jentik-jentik nyamuk di dalam toilet tersebut, namun dalam pemeriksaan tersebut di temukan satu jentik nyamuk.

 

Gubernur mengatakan dalam  materi ajarnya bahwa upayanya mencegah terjadinya demam berdarah perlu dilakukan berbagai upaya yang masiv dalam pemberantasan sarang dan jentik nyamuk.

 

Sebenarnya materi ini tidak terlalu menarik untuk anak SMA, tapi saya paksakan berikan karena mengancam mereka sebab rata-rata yang terkena demam berdarah terjadi di sekolah dan itu antara jam 8 sampai jam 10, makanya saya tadi begitu datang ke sini langsung mengecek toilet kamar mandi menemukan jentik langsung saya buang,” katanya usai mengajar.

 

Menurutnya langkah yang paling dasyat untuk pencegahan demam berdarah adalah gerakan bersama berburu jentik untuk memastikan jentiknya nol. “fogging hanya mematikan nyamuk-nyamuk tua, sedangkan jentik-jentiknya tidak mati”  imbuhnya.

 

Gubernur berharap dengan pengetahuan tersebut akan menjadi sebuah perilaku hidup sehat. Serta mendorong masyarakat khusunya pelajar untuk melakukan membuang, menguras, mengubur atau 3M dalam pemberantasan sarang nyamuk.

 

Gubernur juga berpesan kepada siswa untuk melakukan pencegahan Demam Berdarah yaitu dengan membersihkan kamar mandi seminggu dua kali. “kamu besok bersihkan kamar mandi ya, seminggu dua kali,” pesan ganjar kepada siswa. Ia menjelaskan bahwa virus zika atau demam berdarah sudah menyerang sampai ke luar negeri termasuk indonesia.

 

bahkan perguruan tinggi membuat nyamuk saling memakan itu pun butuh waktu, nah paling gampang kita bergerak sendiri. kalau kita tidak mau maka bahaya akan mengancam diri kita sendiri nah ini saya kita buat gerakan, mari berburu jentik,” Pungkasnya.