Festival Film Pekalongan Kedua Segera Digelar

KOTA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pekalongan, berencana kembali menggelar Festival Film Kota Pekalongan Session kedua. Diskominfo kembali menggandeng komunitas film untuk  bekerjasama menyelenggarakan kegiatan yang bertujuan untuk menggelorakan semangat perfilman, sekaligus menguatkan komunitas film yang ada di Kota Pekalongan.

 

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi antara Diskominfo dengan Komunitas Film Kota Pekalongan belum lama ini. “Komunitas Warung Kopi sebagai asosiasi, atau tempat berkumpulnya komunitas film di Kota Pekalongan diharapkan ikut terlibat secara aktif dalam membantu acara ini,” ucap Kepala Diskominfo, DR Sri Budi Santoso kepada media.

 

Sebelum gelaran festival film dilaksanakan, Diskominfo akan terlebih dulu menyelenggarakan workshop film kepada siswa siswi sekolah di Kota Pekalongan. Bekerjasama dengan Dindikpora, siswa siswi sekolah akan diberikan pelatihan dasar tentang dunia perfilman.

 

Workshop akan dibagi menjadi beberapa kategori, diantaranya untuk tingkat pemula untuk pengenalan sampai produksi film dan tingkat lanjutan guna peningkatan mutu film dan bedah film. “Nantinya akan diadakan semacam pelatihan-pelatihan baik bagi tingkat pemula, maupun tingkat lanjutan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan,” kata SBS-sapaan akrabnya.

 

Untuk pelatihan dan workshop perfilman, sambung SBS, akan diadakan setelah Lebaran, karena saat ini terbentur liburan sekolah. Sedangkan untuk festival film direncanakan diadakan pada bulan september atau Oktober.

 

Diskominfo selama ini juga sudah menfasilitasi komunitas untuk menampilkan berbagai karya film yang dihasilkan dengan membantu memutarkan film secara keliling di berbagai daerah di Kota Pekalongan. “Diharapkan nantinya akan banyak karya dalam festival ini yang dihasilkan dari berbagai komunitas yang membuktikan bahwa Kota Pekalongan juga mampu berkiprah banyak dalam dunia perfilman,” pungkasnya.

 

Dalam rapat tersebut juga diserahkan 9 modul tentang perfilman bantuan dari Kemendiknas yang diterimakan langsung oleh Kepala Diskominfo. Modul-modul tersebut nantinya bisa dijadikan sebagi bahan pembelajaran untuk komunitas film yang ada di Kota Pekalongan.(nul)

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 13-06-2016)