Dukung Kreativitas Pelajar, Dinkominfo Gelar Workshop ILM

Kota Pekalongan - Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan mendukung pengembangan film dan aplikasi untuk mewujudkan ekonomi kreatif sebagai kekuatan ekonomi baru Kota Pekalongan sebagai Kota Kreatif Dunia. Inovasi dan kreativitas dilakukan melalui jalur formal pendidikan di sekolah ataupun melalui jalur nonformal seperti komunitas atau kelompok masyarakat.
 
Guna mendukung kreativitas pelajar, Dinkominfo Kota Pekalongan menyelenggarakan Workshop Film Pendek bagi Pelajar di Kota Pekalongan tahun 2019 di Aula Gedung Diklat Kota Pekalongan, Kamis (21/3/2019). Workshop yang diikuti oleh 30 sekolah yakni dari 20 SMA/MA/SMK dan 10 SMP/MTs di Kota Pekalongan ini menghadirkan narasumber dari Barbaera Pictures/TV Batik, Ahmad Farid, KFT Korda Pekalongan, Bagus Sutanto, dan dari Omah Budaya, Siddik An Naja.
 
Hal ini diungkapkan oleh Kepala Seksi Intergrasi dan Tata Kelola E-Government Dinkominfo Kota Pekalongan, Agung Dwi Mulyono ST MSc Meng. “Tujuan kegiatan ini yakni untuk mengenalkan proses pembuatan film pendek bagi pelajar dan mendorong pelajar di Kota Pekalongan untuk mengikuti event film tahunan ICT Movie Pekalongan,” papar Agung.
 
 
Agung berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi pelajar di Kota Pekalongan untuk terus belajar dan berkarya. “Untuk jangka panjangnya diharapkan proses kreatif pelajar di Kota Pekalongan ini dapat tumbuh dari sekadar hobi menjadi pelaku industri, baik dalam industri perfilman atau industri lain yang melibatkan multimedia,” papar Agung.
 
Dinkominfo Kota Pekalongan telah bekerja sama dengan komunitas film di Kota Pekalongan menyelenggarakan event film tahunan yang dinamakan ICT Movie Festival Pekalongan yang kali pertama kali digelar tahun 2015. “Tahun 2019 adalah kelima kalinya penyelenggaraan, melalui workshop ini diharapkan pelajar di Kota Pekalongan dapat mempelajari cara pembuatan film pendek dan dapat menggunakan pengetahuan tersebut untuk memproduksi film pendek yang baik diharapkan peserta workshop bisa lebih mengembangkan minat dan keterampilannya dalam membuat film pendek, sehingga bisa mengikutsertakan karyanya dalam ICT Movie Festival Pekalongan atau event film lainnya,” pungkas Agung.
 
(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)