Dishubparbud Kota Pekalongan Akan Buat Jalur Selamat Sekolah

KOTA – Rencananya Dishubparbud Kota Pekalongan membuat jalur kejut, jalur selamat sekolah, dan juga marka jalan untuk mengamankan siswa maupun masyarakat yang akan menuju ke sekolah. Bahkan tahun ini Dishubparbud akan melakukan survey dan membuat masterplan untuk mewujudkan rencana tersebut.

 

Kepala Dishubparbud, Doyo Budi Wibowo mengatakan, banyak masyarakat yang mengusulkan kepada Pemkot untuk membuat jalur kejut, maupun jalur selamat sekolah. Tujuannya, untuk meminimalisir dan mencegah adanya kecelakan maupun insiden di zona sekolah. “Banyak masyarakat yang meminta kepada Pemkot melalui Dishubparbud. Ini akan coba kami tindaklanjuti,” kata Doyo, Minggu (5/3).

 

Jalur kejut atau marka jalan sejenis, dikatakan Mantan Kabag Umum itu, akan dibuat di titik-titik jalan yang terdapat sekolah. Sehingga masyarakat bisa memahami dan mendahulukan pejalan kaki, dan siswa sekolah. Sementara untuk jalur selamat sekolah, rencananya akan dibuat sepanjang jalan sampai ke sekolah. “Misalnya dari perumahan sampai ke sekolah. Itu nanti akan kami buat jalur selamat sekolah,” jelas dia.

 

Rencananya, sesuai dengan permintaan dari Kementrian Perhubungan, tahun ini Dishubparbud diminta untuk membantu tenaga guna melakukan survey. Hasil survey akan dibuat perencanaan berupa masterplan. Menurut Doyo, bantuan pembuatan jalur selamat sekolah diberikan karena Kota Pekalongan mendapatkan piala Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2015 lalu.

 

Rencananya anggaran dari sana, bantuan dari Kementrian. Kami belum tahu berapa, tapi yang jelas kami berterima kasih karena tidak perlu menganggarkan tersendiri,” tambah Doyo. Dishubparbud, akan terlebih dahulu memprioritaskan sekolah-sekolah tingkat SMA sederajat untuk terlebih dahulu dibuatkan jalur selamat sekolah. Sebab, untuk sekolah tingkat SD kemungkinan masih didampingi orang tua. Namun kedepan, seluruh sekolah juga harus dipertimbangkan untuk dibuat jalur selamat sekolah.

 

Sedangkan mengenai usulan masyarakat untuk membuat marka jalan, dikatakan Doyo sudah ada beberapa yang dibuat. Dalam waktu dekat, Dishubparbud juga akan kembali membuat marka jalan di sejumlah titik sesuai dengan usulan masyarakat. “Sudah ada beberapa seperti di SMA Muhammadiyah, kemudian di Keradenan. Nanti yang sudah usul untuk juga akan kami berikan. Termasuk yang di depan Kospin Jasa, itu juga akan kami buatkan,” kata Doyo.(nul)

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 07-03-2016)