Dinkominfo Mudahkan Pembelajaran di Tengah Pandemi

Kota Pekalongan – Pada awal September 2020 Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan memiliki tiga kegiatan besar yang akan diresmikan Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE yakni Program Pembelajaran Jarak Jauh yang melalui konten audio video para guru untuk ditayangkan di Batik TV dan disiarkan di RKB. Kedua, Dinkominfo telah mengembangkan software Web conference berbasis open source yang mudah, efektif, dan tidak berbayar yang nantinya akan dipakai oleh guru dan peserta didik. Ketiga, penyediaan jaringan internet gratis melalui wifi di empat kecamatan di Kota Pekalongan. Ini memudahkan pembelajaran di tengah pandemic Covid-19.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinkominfo, Yos Rosyidi SIP MSi melalui Kepala Bidang Pengelolaan Infrastruktur Informatika dan Statistik Daerah (PIISD), Mabruri SPd saat ditemui di kantornya, Jumat (28/8/2020). “Tadi kami sudah mulai sosialisasi dan praktik bersama guru dan peserta didik kaitannya dengan aplikasi vidcon di SMPN 7 Kota Pekalongan, Jumat (28/8/2020). Dengan guru sudah kami sosialisasikan sebelumnya, tadi langsung praktik dengan para peserta didik juga. Ini akan disimulasikan pada saat launching oleh walikota bulan September,” terang Mabruri.

Terkait dengan penyediaan jaringan internet di kantor kecamatan se-Kota Pekalongan, tentunya dapat dimanfaatkan oleh peserta didik, orang tua, maupun guru yang mengalami kesulitan pembelian paket internet. “Kami sudah menyediakan infrastruktur jaringan dan bandwidth nya namun untuk kelengkapan pendukung seperti meja-kursi atau karpet disediakan oleh kecamatan masing-masing. Saat ini kami tengah focus menyiapkan segala sesuatunya di Kecamatan Pekalongan Timur karena nantinya lokasi yang akan dikunjungi oleh Walikota di situ sedangkan kecamatan lainnya masih proses persiapan,” papar Mabruri.

Demi optimalnya fungsi layanan internet gratis bagi pelajar di kantor kecamatan tersebut, kami juga akan mengatur sistem jaringan dan akses internet agar tidak mengganggu operasional kantor. Selain itu, perlu kiranya diatur jumlah pengunjung atau pengguna layanan internet maksimal antara 10-12  orang. Layanan direncanakan selama jam kantor dan agar lebih maksimal lagi sebaiknya dibatasi jadwal pagi, siang, atau sore hari.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)