Dinkominfo Latih Admin OPD Kelola Website

Kota Pekalongan - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) setempat menggelar pelatihan bagi pengelola laman website dan jaringan milik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Pekalongan agar bisa mengatasi secara mandiri dengan cepat jika terjadi kendala. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, yakni Selasa-Kamis, 9-11 Agustus 2022 yang dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Pekalongan, Arif Karyadi, berlangsung di Ruang Informatics Learning Center (ILC) Dinkominfo Kota Pekalongan, Selasa (9/8/2022).

Arif mengungkapkan keprihatinannya bahwa selama ini pengelolaan website di beberapa OPD dirasa masih kurang maksimal, dimana dalam menyampaikan konten atau informasi kegiatan kurang update.

"Oleh karena itu, pelatihan ini dilaksanakan agar admin subdomain website OPD di lingkungan Pemkot Pekalongan memiliki keahlian dan kemampuan dalam mengelola situs websitenya secara menarik, berkualitas, kreatif, dan inovatif," ucap Arif.

Arif berharap, usai pelatihan ini, admin website masing-masing OPD dapat mengelola konten subdomain OPDnya secara mandiri baik untuk publikasi kegiatan, info layanan, dan kegiatan pelayanan yang ada di OPD masing-masing untuk diinformasikan kepada masyarakat.

Ditambahkan Kepala Bidang Infrastruktur dan Statistik pada Dinkominfo Kota Pekalongan, Ani Kusumaningrum menyebutkan bahwa, pelatihan selama tiga hari ini diikuti oleh para admin pengelola website atau pengelola IT OPD, dimana di hari pertama diikuti sekitar 25 orang admin OPD, di hari kedua menyasar admin website kelurahan, dan di hari terakhir diikuti admin website puskesmas yang ada di Kota Pekalongan.

"Mereka kami bekali bagaimana cara membuat konten yang baik, bisa lebih memahami jika terjadi kendala seperti jaringan yang rusak, mereka bisa cepat menangani secara mandiri, tidak harus ke Dinkominfo, mengingat SDM di kami terbatas,"imbuhnya.

Hadir selaku narasumber, Ribut Achwandi, menjelaskan bahwa, pihaknya mendorong agar para SDM admin pengelola website ini mampu membuat pengelolaan konten website di lingkungan OPD Pemkot Pekalongan ini secara optimal. Menurutnya, pengelolaan website milik OPD ini terkadang kurang aktif menginput, maupun mengupdate informasi kegiatan-kegiatan maupun program kerjanya. Diterangkan Ribut, mayoritas para admin ini masih kesulitan membuat tulisan pada bagian paragraf pembuka. Namun, hal ini akan bisa diantisipasi, jika hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan untuk membuat caption atau menulis informasi pendek namun jelas, tentu hal itu akan menjadi mudah dipraktekkan.

"Hari ini yang ingin kami sampaikan kepada para admin website OPD ini adalah selain mereka merasa memiliki pekerjaan rutinitas  selaku pengelola website, maka mereka juga harus menulis informasi yang akan diupload di masing-masing website OPD tersebut. Kegiatan apapun dirilis, jika mereka sudah terbiasa, tentu kesulitan atau kendala yang mereka hadapi bakal bisa diatasi," pungkasnya.


(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)