Dinkominfo Jadi Pilihan Kunker PPID

Kota Pekalongan - Menjadi satu-satunya kabupaten/kota yang meraih kategori Informatif Utama dalam acara penganugerahan penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award tahun 2018 di Jawa Tengah, tentu membuat Pemerintah Kota Pekalongan sering menjadi tujuan kunjungan kerja (kunker) terkait KIP. Salah satunya Dinas Perdagangan Kota Semarang yang melakukan studi banding ke Dinkominfo Kota Pekalongan, Selasa (12/3/2019).
 
Dinas Perdagangan Kota Semarang sebagai PPID Pembantu ingin membuat pusat  pelayanan informasi seperti yang dimiliki Pusat Pelayanan Informasi Publik (PPIP) Dinkominfo Kota Pekalongan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.
 
Kasi Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dan Layanan Informasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan, Nurul Indrawati SH MH menyambut baik dan merasa tersanjung atas kedatangan Dinas Perdagangan Kota Semarang. “PPIP secara terbuka melayani masyarakat untuk memperoleh data atau informasi terkait Pemerintah Kota Pekalongan seperti laporan keuangan, kebijakan, peraturan daerah, dan sebagainya,” tutur Nurul.
 
Sebagai PPID Utama, Dinkominfo Kota Pekalongan menghimpun dan menyajikan data secara tertata dan memudahkan masyarakat untuk dapat mengaksesnya. “Kami secara terbuka melayani kunjungan instansi atau masyarakat umum di PPIP Dinkominfo Kota Pekalongan, baik untuk penelitian atau permohonan informasi lainnya,” papar Nurul.
 
Ketua Rombongan Dinas Perdagangan Kota Semarang, Lilies Wahyuningsih mengaku mendapat rekomendasi dari Diskominfo Kota Semarang untuk kunker ke Dinkominfo Kota Pekalongan jika ingin mengetahui pusat pelayanan informasi secara detail. “Terus terang Dinas Perdagangan Kota Semarang sebagai PPID Pembantu ingin membentuk pelayanan informasi. Kami kemari untuk menanyakan hal-hal terkait yang perlu dipersiapkan,” ujar Lilies.
 
Lilies mengaku membawa admin dan rombongan agar mengetahui berkas, format penataan, dan sistem pelayanan di PPIP Dinkominfo Kota Pekalongan agar ke depannya dapat diterapkan di tempatnya. “saat ini kami hanya menyiapkan website, untuk pelayanan informasi seperti di Dinkominfo Kota Pekalongan ini belum ada. Kami akan buat pelan-pelan tempat pelayanan informasi di Dinas Perdagangan Kota Semarang,” tukas Lilies.
 
(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)