Dinkominfo Gencar Kenalkan Kanal Aduan ke Pelajar

Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan mendorong peran partisipatif masyarakat untuk membangun Kota Pekalongan salah satunya melalui pemanfaatan kanal aduan yang dimiliki pemerintah. Dinkominfo mensosialisasikan kanal aduan melalui kegiatan Layanan Publik Go to School ke sejumlah SMA-SMK di Kota Pekalongan.

Hari ini kali ketiga kegiatan Layanan Publik Go to School yakni di SMKN 4 Pekalongan, Kamis (23/11/2023). Menurut Kepala Dinkominfo Kota Pekalongan, Arif Karyadi, kalangan pelajar banyak yang belum tau tentang kanal aduan WAdul Aladin, Laporgib, dan SP4NLapor. 

"Usai sosialisasi ini kami berharap peran partisipatif para pelajar untuk memanfaatkan kanal aduan meningkat, misalnya untuk menyampaikan terkait dunia mereka, seperti kenakalan remaja agar tidak sampai jadi ancaman untuk pengadu," ujar Arif. 

Arif menilai pelajar SMA-SMK sudah bisa diajak berpikir dewasa untuk mendorong pembangunan Kota Pekalongan. Tentu kegiatan ini akan ada evaluasi dan tingkat efektivitas perkembangan layanan ke depan seperti apa. "Kami belum menyasar SMP atau SD karena mereka masih terlalu ini," kata Arif.

Sementara itu, Kepala SMKN 4 Pekalongan, Indah Eko Cahyani menyampaikan terima kasih kepada Dinkominfo yang telah memberikan sosialisasi layanan publik ke SMKN 4 Pekalongan. "Harapan kami anak-anak dapat memanfaatkan media sosial dengan bijak membuat aduan atau masukan untuk Kota Pekalongan dengan baik," jelas Indah. 

Disebutkan Indah ada 100 siswa yang turut dalam sosialisasi ini dari pengurus OSIS, MPK, dan perwakilan anggota ekstrakurikuler. Terkait permasalahan yang bisa saja terjadi kami memfasilitasi program perundingan. "Ada tiga dosa besar pendidikan yakni perundungan/bullying, kekerasan seksual, dan intoleransi. Kami berupaya membuat program kolaborasi dengan komite dan orang tua untuk kenyamanan anak," beber Indah.