Dinkominfo Gelar Pelatihan Setting VPN Bagi Bendahara dan Operator SIMDA

Kota Pekalongan – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan menggelar Pelatihan Setting VPN Jaringan BatikNet. Setidaknya, sebanyak 80 bendahara dan operator Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) mengikuti kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari mulai Rabu-Jumat (7-9 April), bertempat di Ruang ILC Dinkominfo.

Mengingat masih dalam suasana pandemi, kegiatan dilakukan secara bertahap. Dimana setiap harinya diikuti oleh 27 peserta.

Kepala Dinkominfo Kota Pekalongan melalui Kepala Seksi Pusat Data, Wawan Sugandi AMd menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan sebagai capacity building bagi bendahara dan operator SIMDA untuk dapat melakukan setting VPN secara mandiri. 

“Sebab, saat ini aplikasi yang digunakan untuk Tata Usaha Keuangan Daerah (TUKD) menggunakan SIMDA yang mana berbasis desktop sehingga tidak bisa terhubung ke internet kecuali menggunakan VPN,” ungkap Wawan.

Lanjutnya, dengan adanya pelatihan ini harapannya peserta dapat menerapkan VPN di masing-masing instansi. Sehingga, pekerjaan yang sebelumnya hanya bisa dilakukan di tempat kerja, bisa dikerjakan dimana dan kapan saja sepanjang ada koneksi internet.

“VPN ini semacam setting paneling yang digunakan untuk koneksi dari LAN ke internet dan terhubung ke data center. Memang fasilitas BatikNet, temasuk koneksi ke aplikasi yang sifatnya intranet itu milik Dinkominfo, sehingga ke depan harapannya usai pelatihan, peserta bisa menangani secara mandiri apabila terjadi kendala, tidak lagi bergantung pada Dinkominfo,”katanya.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)