Dinkominfo Bekali Pelajar tentang Animasi

Guna meningkatkan kualitas pengetahuan teknologi informasi di jenjang pelajar, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Multimedia Kota Pekalongan menggelar Workshop dan Lomba animasi Tingkat Pelajar SMA/SMK di Kota Pekalongan tahun 2019 di Aula SMK Dwija Praja Kota Pekalongan, Kamis (14/11/2019).
 
Workshop yang diisi oleh narasumber dari STMIK Widya Pratama Kota Pekalongan ini dibuka oleh Plt Dinkominfo Kota Pekalongan, drg Agust Marhaendayana MM, Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Informasi dan Persandian (Kabid PSID), Harry Rudianto SKom MM, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMK Kota Pekalongan, Tusriyati, Kepala Sekolah SMK Dwija Praja, Kadaryono, para pelajar dari SMK Dwija Praja, dan siswa-siswi SMK se-Kota Pekalongan beserta guru pendamping.
 
Plt Dinkominfo Kota Pekalongan, drg Agust Marhaendayana MM mengungkapkan bahwa dalam rangka kerja sama dengan dunia pendidikan, khususnya anak SMK serta untuk meningkatkan kualitas pengetahuan teknologi informasi di jenjang pelajar diselenggarakan workshop dan lomba animasi. “Alasan dinkominfo Kota Pekalongan mengandeng anak SMK karena terdapat kompetensi jurusan yang kita lombakan,” tutur Agust.
 
Agust berharap usai workshop ini, para pelajar tak hanya menguasai di workshopnya tapi juga pintar di animasinya. Melalui lomba tingkat Kota Pekalongan ini diharapkan diperoleh anak terbaik dari lomba untuk dilombakan lagi di tingkat provinsi. “Oleh karena itu, kegiatan ini saya harapkan tidak berhenti di tahun ini, tahun ke depan harus terlaksana lagi. Bahkan kalau perlu ditingkatkan lagi jumlah peserta dan kompetensinya sehingga nanti bisa bersuara di tingkat nasional,” ungkap Agust.
 
Sementara itu, Ketua MKKS SMA/SMK Kota Pekalongan, Tusriyati menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini harapannya anak-anak SMK di Kota Pekalongan semakin meningkat kompetensinya di bidang animasi. Ke depan bisa berpikir kritis, kreatif, dan inovatif di bidangnya. “Dengan demikian pada masa mendatang generasi penerus akan semakin percaya diri, berprestasi dalam mengisi era 4.0. Animasi ini dapat dipelajari oleh semua orang, tak hanya SMK tetapi SMA sederajat di Kota Pekalongan,” tandas Tusriyati.
 
Selanjutnya, Kepala SMK Dwija Praja, Kadaryono menyampaikan ucapan terima kasih karena SMK Dwija Praja telah diberikan kesempatan menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan kegiatan ini. “Harapannya pengetahuan para siswa tentang animasi dapat lebih berkembang serta mempraktikkan ilmu yang sudah didapat di workshop ini,” pungkas Kadaryono.