Dinkes Raih Peringkat Terbaik Kinerja Tingkat Kota Pekalongan

Pemerintah Kota Pekalongan melakukan penandatanganan bersama dokumen perjanjian kinerja tahun 2016 antara Pj. Walikota Pekalongan bersama para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kepala Bagian (Kabag) Setda Kota Pekalongan dan Camat se- Kota Pekalongan (Selasa/9 Februari 2016) di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan.

 

Pj Walikota Pekalongan, Prijo Anggoro. B.R, Sh, M.Si mengatakan perjanjian kinerja yang ditandatangani para kepala SKPD merupakan komitmen untuk melaksanakan tugas dan fungsi yang dipercayakan kepada setiap instansi pemerintah dalam penggunaan anggaran. Kepada seluruh SKPD, Kabag dan Camat untuk benar-benar memperhatikan target kinerja yang sudah ditetapkan, agar pada akhir tahun anggaran dapat tercapai seperti yang diharapkan.

 

Sesuai dengan hasil evaluasi Laporan kinerja instansi Pemerintah tahun 2015, Pemerintah Kota Pekalongan memberikan penilaian dan predikat terbaik kepada Dinas Kesehatan dengan nilai 75, 82 kategori A dengan Predikat sangat baik, untuk peringkat 2 Inspektorat dengan nilai 75, 2 dan peringkat 3 Dinas Pertanian Peternakan dan Kelautan disusul peringkat 4 dan 5 Dinas Komunikasi dan Informatika disusul Dinas Perhubungan Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pekalongan” ungkap Kepala Bagian Organisasi dan Kepegawaian Setda Kota Pekalongan  Ir Sochib Rochmat Mpi.  

 

Terkait reward maupun penilaian tersebut Prijo mengungkapkan tidak secara langsung diberikan. Akan tetapi akan diserahkan oleh Walikota terpilih. 'Penilaian ini setidaknya bisa dijadikan acuan bagi Walikota selanjutnya. Reward maupun punishment nya, biar walikota selanjutnya nanti yang menindaklanjuti,' ungkapnya. Berdasarkan perjanjian tersebut, setiap SKPD dituntut untuk menyusun laporan kinerja yang disajikan meliputi uraian singkat organisasi, rencana dan target kinerja yang ditetapkan, pengukuran kinerja, evaluasi dan analisis kinerja untuk setiap sasaran atau hasil program atau kegiatan dan kondisi terakhirnya yang seharusnya terwujud.

 

Pada kesempatan tersebut Pj Walikota Pekalongan memberikan harapan kepada SKPD yang  mendapat nilai baik, agar dipertahankan dan ditingkatkan, dan bagi SKPD yang masih mendapat nilai kurang memuaskan agar memperbaikinya pada penilaian tahun depan. (MC/Diskominfo/SKDI/mfd)