Dinkes Mulai Periksa Kesehatan Calon Haji

KOTA – Dinkes mulai melakukan pemeriksaan tahap pertama terhadap para calon jemaah haji Kota Pekalongan tahun 2016. Pemeriksaan sudah dimulai Selasa pekan lalu sampai akhir pekan ini.

 

Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes dr Tuti Widayanti MKes menjelaskan, pemeriksaan kesehatan dilakukan di lima puskesmas. Yakni di Puskesmas Kusuma Bangsa, Noyontaan, Bendan, Tirto, dan Jenggot. “Sudah dijadwalkan hingga minggu depan kita melakukan pemeriksaan calon jemaah haji. Yang diperiksa rencananya ada 376 orang yang akan berangkat haji tahun ini, ditambah cadangan 16 orang,” tuturnya, kemarin (9/4).

 

Tuti menerangkan, pemeriksaan dilakukan oleh tim medis dari puskesmas setempat yang sebelumnya telah dilatih memeriksa kesehatan calon haji. Adapun pemeriksaan yang dilakukan adalah secara lengkap. “Mulai dari identitas yang bersangkutan, riwayat penyakit, dan sebagainya,” terangnya.

 

Pemeriksaan secara menyeluruh itu sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan jemaah calon haji yang bersangkutan. Mengingat, ibadah haji merupakan ibadah fisik yang tentunya membutuhkan stamina dan fisik yang bugar.

 

Apalagi banyak jemaah calon haji ini yang sudah berusia lanjut. Kalau misalkan nanti yang bersangkutan memiliki penyakit tertentu, tentunya akan kita beri pengobatan serta diberi arahan untuk menjaga kesehatannya,” katanya.

 

Ibadah haji ini kan butuh persiapan fisik yang matang,” sambungnya.Tuti menambahkan, pemeriksaan kesehatan tahap dua akan dilakukan sekitar satu bulan sebelum tanggal keberangkatan jemaah haji yang bersangkutan. Pada pemeriksaan tahap dua ini seluruh calon jemaah haji akan diberikan vaksin miningitis. “Seluruh jemaah haji sebelum berangkat memang diwajibkan untuk mendapat imunisasi miningitis,” pungkasnya. (way)

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 11-04-2016)