Darurat Banjir, PJ Walikota Salurkan Bantuan

Pekalongan- Prijo Anggoro BR melakukan patroli dan menyalurkan bantuan ke pemukiman warga yang menjadi korban banjir, Senin (1/1) di beberapa kelurahan di Kota Pekalongan.

Hujan yang melanda kota Pekalongan minggu (31/01) malam lalu menyebabkan genangan banjir di beberapa kelurahan di Kota Pekalongan. Sehingga Penjabat (PJ) Walikota Pekalongan, Prijo Anggoro BR beserta tim relawan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan komunitas relawan melakukan patroli dan menyalurkan bantuan ke pemukiman warga yang menjadi korban banjir tersebut.

Dalam patroli yang digelar, PJ walikota memulai dengan menyambang korban banjir yang mengungsi di masjid al-Karomah, Tirto, Kota Pekalongan. Dilajutkan dengan mendatangi kelurahan pasirkratonkeramat, yang tergenang banjir sangat parah.

Pj walikota juga mendatangi rumah Abdul Adhim, warga kelurahan Pasirkratonkramat yang dijadikan dapur umum untuk melayani korban di daerah tersebut. Bantuan tersebut berupa peralatan dapur umum beserta logistik.

Curah hujan di Kota Pekalongan sudah mulai meningkat, itu artinya tingkat kewaspadaan kita pun harus ditingkatkan untuk mengurangi kemungkinan-kemungkinan yang tidak diharapkan,” kata PJ dihadapan warga Pasirkratonkramat tersebut.

Kepala BPBD Kota Pekalongan, Suseno mengatakan bahwa dalam menghadapi darurat banjir, pihaknya terus melakukan monitoring dan patroli kesiagaan. Dalam melakukan hal tersebut BPBD dibantu oleh komunitas relawan di Kota Pekalongan, meliputi Rescue Pekalongan, Mancing Mania, SAR Java, SAR Sotong, dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Beberapa posko bencana sudah berdiri di beberapa titik bencana. Kami pun mendirikan Posko Dapur Umum di depan kantor BPBD baru di jalan Sri Wijaya. Serta ada juga beberapa posko yang didirikan secara inisiatif oleh komunitas relawan sendiri,” jelas Suseno.

(MC/mfd)