BOP Wajibkan Kegiatan Parenting

KOTA – Kebijakan pemerintah yakni dengan adanya Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) menuntut sekolah untuk mengadakan kegiatan parenting minimal empat kali. Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF, Dra Nunik Ariastuti mengatakan, sekolah yang melaksanakan kegiatan parenting akan mendapat Operasional Pendidikan (BOP).

 

Kegiatan parenting yang wajib dilakukan minimal empat kali dalam satu tahun ajaran, kegiatan dua kali saat mengambiol rapor dan dua kalinya untuk kegiatan seminar,” terangnya. Nunik mengungkapkan, pada kegiatan parenting ini, Dinas Pendidikan Kota Pekalongan mengutamakan pendidikan karakter untuk anak. “Jalan yang harus kami lalui untuk sosialisasi pendidikan karakter dalah dengan melalui kegiatan parenting, kami duduk bersama dengan orang tua, kami akan cari tahu sejauh mana orang tua mengenali putra-putrinya,” tuturnya.

 

Bersama orang tua, harapannya dapat mencarikan solusi bersama untuk anak. “Banyak permasalahan yang dapat dibahas ketika bertemu dengan orang tua, kami memiliki psikolog yang bisa membantu orang tua untuk menyelesaikan masalah,” katanya.

 

Kepala Seksi Kurikulum dan Kelembagaan PAUD, Sherly Imanda Hidayah Spsi menuturkan, kegiatan ini sangat bagus. “Kegiatan ini dapat menambah pengetahuan orang tua tentang anak,” ucapnya. Sherly berharap pendidikan karakter ini telah melibatkan orang tua sehingga orang tua dapat membantu sekolah untuk mendidik karakter anak. “Ke depannya Kota Pekalongan akan menjadi kota yang lebih baik dalam pendidikan anak,” pungkasnya. (mg4)

 

 

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 18-09-2017)