Berikan Layanan Prima, Dinkominfo Terus Lakukan Inovasi Aplikasi dan Jaringan

Kota Pekalongan – Guna membantu OPD dalam memenuhi kebutuhan akan IT, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan mengakomodir kebutuhan jaringan dan akses internet serta penanganan gangguan jaringan dan internet pada OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pekalongan.
Kepala Dinkominfo, Yos Rosyidi SIP MSi melalui Kasi Infrastruktur Jaringan, Drika Sulistyo Wibowo S.Kom menyampaikan, fungsi dan layanan Dinkominfo dari sisi penggunaan digunakan untuk internal Pemkot Pekalongan yang secara langsung berdampak bagi masyarakat.
"Internet Gratis di 27 Titik"
Salah satunya, Dinkominfo bekerjasama dengan PT. Telkom memberikan akses wifi gratis kepada masyarakat yang tersebar di 27 titik tiap wilayah kelurahan dengan jangkauan radius 50 meter.
“Secara tidak langsung fungsi infrastruktur jaringan turut mendukung. Kami utamakan untuk layanan jaringan di OPD, kelurahan, kecamatan, puskesmas hingga sekolah,”ungkap Drika, Kamis (2/9/2021).
Lanjutnya, pemeliharaan jaringan dan infrastruktur dilakukan secara berkala. Tim jaringan melakukan monitoring dan kunjungan ke OPD jika ditemukan kerusakan. “Prinsipnya ketika kami memiliki client pengguna layanan maka kami on call setiap hari,”katanya.
Terkait antisipasi jaringan down, Dinkominfo memiliki dua jenis infrastruktur jaringan yakni fiber optic dan radio wireless. Dua model ini saling melengkapi (mem-backup). Sehingga, jika salah satu jaringan terputus maka jaringan lain melengkapi. “Sehingga, kendala jaringan down ini minim sekali,”kata Drika.
"Kembangkan Aplikasi Simpatik"
Tidak hanya itu, dalam memberikan layanan prima, saat ini Dinkominfo tengah mengembangkan aplikasi SIMPATIK. Aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan OPD dalam memberikan layanan kepada masyarakat terkait administrasi kependudukan agar layanan publik lebih efisien, efektif, dan mempersingkat administrasi dan waktu.
Ditambahkan Kasi Aplikasi dan Layanan PBE, Rakhmawati ST bahwa Dinkominfo menjadi salah satu instansi yang membantu OPD dalam mengimplementasikan inovasi layanan publik dalam bentuk pengembangan aplikasi dan maintenance pusat data.
“IT ini selalu berkembang dan sifatnya mendukung/enabler dari suatu program kerja, inovasi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat. Sebab layanan tersebut butuh cepat, efektif, dan efisien serta bisa diakses oleh masyarakat dimanapun,”terang Rakhma.
(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)
Kepala Dinkominfo, Yos Rosyidi SIP MSi melalui Kasi Infrastruktur Jaringan, Drika Sulistyo Wibowo S.Kom menyampaikan, fungsi dan layanan Dinkominfo dari sisi penggunaan digunakan untuk internal Pemkot Pekalongan yang secara langsung berdampak bagi masyarakat.
"Internet Gratis di 27 Titik"
Salah satunya, Dinkominfo bekerjasama dengan PT. Telkom memberikan akses wifi gratis kepada masyarakat yang tersebar di 27 titik tiap wilayah kelurahan dengan jangkauan radius 50 meter.
“Secara tidak langsung fungsi infrastruktur jaringan turut mendukung. Kami utamakan untuk layanan jaringan di OPD, kelurahan, kecamatan, puskesmas hingga sekolah,”ungkap Drika, Kamis (2/9/2021).
Lanjutnya, pemeliharaan jaringan dan infrastruktur dilakukan secara berkala. Tim jaringan melakukan monitoring dan kunjungan ke OPD jika ditemukan kerusakan. “Prinsipnya ketika kami memiliki client pengguna layanan maka kami on call setiap hari,”katanya.
Terkait antisipasi jaringan down, Dinkominfo memiliki dua jenis infrastruktur jaringan yakni fiber optic dan radio wireless. Dua model ini saling melengkapi (mem-backup). Sehingga, jika salah satu jaringan terputus maka jaringan lain melengkapi. “Sehingga, kendala jaringan down ini minim sekali,”kata Drika.
"Kembangkan Aplikasi Simpatik"
Tidak hanya itu, dalam memberikan layanan prima, saat ini Dinkominfo tengah mengembangkan aplikasi SIMPATIK. Aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan OPD dalam memberikan layanan kepada masyarakat terkait administrasi kependudukan agar layanan publik lebih efisien, efektif, dan mempersingkat administrasi dan waktu.
Ditambahkan Kasi Aplikasi dan Layanan PBE, Rakhmawati ST bahwa Dinkominfo menjadi salah satu instansi yang membantu OPD dalam mengimplementasikan inovasi layanan publik dalam bentuk pengembangan aplikasi dan maintenance pusat data.
“IT ini selalu berkembang dan sifatnya mendukung/enabler dari suatu program kerja, inovasi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat. Sebab layanan tersebut butuh cepat, efektif, dan efisien serta bisa diakses oleh masyarakat dimanapun,”terang Rakhma.
(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)