Menilik Upaya Pemkot Mengatasi Rob di Kelurahan Bandengan

Akan Bangun Jalan Baru, yang Sekaligus Menjadi Tanggul

 

 

 

PEMKOT Pekalongan akan mendapatkan bantuan anggaran dari Provinsi dan Pemerintah Pusat dalam rangka mengatasi permasalahan rob di wilayah utara. Berbagai rencana telah disusun untuk menangani rob di setiap wilayah. Di Kelurahan Bandengan, salah satu wilayah terparah, akan dibuat tanggul di sekeliling, polder, serta rumah pompa untuk menyedot dan menampung air.

 

Namun sebelum pelaksanaan mega proyek penanganan rob tersebut, Pemkot akan melakukan sejumlah upaya untuk meminimalisir genangan di wilayah Bandengan yakni dengan membangun akses jalan baru. Sekaligus akan berfungsi sebagai tanggul. Jalan tersebut akan dibuat di bagian timur dan barat wilayah Bandengan pada 2017 mendatang.

 

Kepala DPU Kota Pekalongan, Marsudi Ismanto menjelaskan, tahun 2017 mendatang Pemkot mendapatkan bantuan anggaran dari Provinsi sebesar Rp10 milyar, dan dari DAK dengan jumlah yang sama. Dari dana tersebut, pihaknya akan membangun akses jalan baru di wilayah Kelurahan Bandengan.

 

Di sisi barat dan timur akan dibuat jalan. Nantinya jalan tersebut akan dibuat lebih lebar dan tinggi, sekaligus berfungsi sebagai tanggul. Untuk di sisi barat, akan menjadi tanggul air dari arah Sungai Bremi. Karena kita tahu sumber rob disana kebanyakan dari Sungai Bremi,” jelasnya.

 

Selain di sisi barat, jalan dengan konsep serupa juga akan dibuat di sisi timur. Jalan tersebut akan menghubungkan antara Bandengan dan Kandang Panjang yang sekaligus menjadi tanggul air dari Bandengan ke wilayah Kandang Panjang. “Karena air dari Bandengan juga mengalir ke Kandang Panjang. Harapannya dengan pembangunan jalan yang sekaligus menjadi tanggul itu bisa menahan air ke timur,” tambah dia.

 

Proyek pembuatan dua akses jalan tersebut, kata Marsudi, akan dimulai tahun 2017 mendatang. Selain sebagai tanggul, dia berharap dua jalan  tersebut juga akan menjadi akses baru bagi warga di Bandengan. Karena selama ini, wilayah Bandengan hanya dihubungkan jalan satu arah.

 

Dengan akses jalan baru juga diharapkan kedepan, Bandengan lebih berkembang. Karena aksesnya lebih luas tidak hanya satu arah seperti sekarang,” tandasnya.(*)

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 11-08-2016)