UN SMP, 28 Siswa Meraih Nilai 100

KOTA – Hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs tahun 2016 di Kota Pekalongan telah diumumkan pada Sabtu (11/6) lalu. Tercatat, sebanyak 28 siswa berhasil mendapat nilai 100 pada UN SMP tersebut.

 

Kepala Dindikpora, Agust Marhaendayana menuturkan, capaian tersebut cukup membanggakan. Dia menyebutkan, nilai 100 itu terbanyak didapatkan siswa pada mata pelajaran Matematika, yakni sebanyak 25 siswa. Disusul kemudian nilai 100 untuk mapel IPA diraih dua siswa, dan nilai 100 bahasa Inggris diraih satu siswa.

 

Ini luar biasa. Padahal selama ini Matematika biasanya dianggap sebagai mapel yang sulit. Tetapi pada UN SMP tahun ini niklai 100 malah terbanyak pada Matematika. ada 25 siswa yang meraih nilai 100 untuk mapel Matematika,” kata Agust saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/11).

 

Meski secara umum hasil yang dicapai pada UN SMP tahun 2016 sudah lumayan baik, namun Agust mencatat masih ada beberapa siswa yang nilainya masih rendah. Tetapi menurut dia, sebaran terbanyak nilai UN yang dicapai siswa masih di atas 60.

 

Meski UN ini bukanlah penentu kelulusan, tetapi masih banyaknya nilai rendah yang dicapai siswa perlu mendapat perhatian khusus. “Maka, dari distribusi nilai UN yang rendah, seperti pada mapel Matematika, IPA, dan Inggris, saya sudah perintahkan ke MGGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) untuk membuat perencanaan agar hasil tahun depan lebih baik lagi,” tandasnya.

 

Agust membeberkan, rata-rata nilai UN SMP/MTs di Kota Pekalongan tahun ini masih di angka 233,21. Adapun nilai tertinggi yang diraih, mencapai 380,5. Tahun ini juga tercatat ada satu siswa yang tidak lulus UN.

 

Sedangkan peringkat se kota untuk tingkat Jawa Tengah, kata dia, belum ada pemberitahuan. Diharapkan, raihan nilai UN tahun depan lebih baik lagi. “Untuk tahun ini, ada beberapa sekolah yang peringkat nilai UN-nya naik, tetapi ada pula beberapa yang turun,” imbuh dia. (way)

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 15-06-2016)