SMA 1 Peringkat 1 Jateng

SMA Negeri 1 Pekalongan berhasil meraih peringkat 1 se-Jawa Tengah untuk Jurusan IPA pada UN SMA sederajat tahun 2016. Nilai rata-rata UN yang diraih siswa SMAN 1 Pekalongan Jurusan IPA mencapai 48,50, atau tertinggi jika dibanding sekolah lain se-Jateng.

 

Kepala SMAN 1 Pekalongan Sulikin MPd mengatakan, dibandingkan tahun lalu, hasil UN tahun ini ada peningkatan. Meskipun, untuk jurusan IPS, masih berada di peringkat 14 se-Jateng.“Pada UN tahun lalu, SMA 1 meraih peringkat lima se-Jateng untuk jurusan IPA. Syukur alhamdulillah, tahun ini berhasil meraih peringkat pertama se-Jateng untuk jurusan IPA,” ungkap Sulikin, Sabtu (7/8) malam.

 

Menurutnya, prestasi yang dicapai SMA 1 tahun ini bukanlah diraih secara kebetulan. Melainkan berkat perencanaan cukup lama. “Prestasi ini bukan kebetulan, tetapi tercapai karena sudah direncanakan sejak lama, sejak empat tahun lalu,” katanya.

 

Ia pun menyampaikan penghargaan ke sejumlah pihak yang telah mendukung hingga prestasi tahun ini bisa diraih. “Penghargaan setinggi-tingginya kepada anak-anak kami, para guru-guru, pada Askarlo (para alumni), teman-teman dari Komite, Dinas Pendidikan, Pemerintah Kota, dan seluruh orangtua murid. Dibantu pula teman-teman dari sekolah lain dalam forum MKKS, sehingga situasi menjelang UN sangat kondusif. Meski terjadi persaingan, tetapi persaingannya sangat positif, bukan persaingan negatif,” ujarnya.

 

Prestasi yang diraih ini, ungkap Sulikin, tak lepas pula dari berbagai program persiapan UN yang telah dijalankan. Namun semuanya, kata dia, kuncinya adalah pada pembentukan karakter siswa dalam menghadapi ujian. “Karakter ini sudah terbentuk dengan baik dalam program sukses UN,” katanya.

 

Program menghadapi UN ini, papar dia, dibungkus dalam kegiatan yang dinamakan ‘tutor sebaya’. Selain itu, ada pula penambahan jam khusus demi sukses UN, training motivasi, beberapa kali try out, dan bimbingan akademis-non akademis.

 

Tutor sebaya ini perannya sangat luar biasa. Pada dasarnya, semua anak itu pintar. Namun, anak yang lebih pintar membantu temannya yang belum pintar. Kita bangun semangat kepada anak-anak agar senang melihat temannya ikut sukses. Kita bangun persaingan sehat. Kita tekankan ke mereka bahwa sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain,” bebernya.

 

Sulikin juga menyampaikan, dari total 303 siswa yang terdiri dari 237 siswa jurusan IPA dan 66 siswa jurusan IPS yang mengikuti UN 2016, ada beberapa siswa yang meraih nilai 100. “Ada 13 anak yang mendapat nilai 100 pada beberapa mata pelajaran UN kemarin,” ungkapnya.

 

Dalam waktu dekat, pihaknya berjanji akan memberikan apresiasi kepada para siswa yang berprestasi. “Akan kita beri apresiasi kepada siswa yang meraih nilai UN terbaik, siswa peraih nilai sekolah terbaik, maupun siswa terbaik untuk nilai keseluruhan,” pungkasnya. (way)

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 09-05-2016)