Sambangi SKPD, Wawalkot Gali Potensi

KOTA – Wakil Walikota Pekalongan, Moch Saelany Machfudz, melakukan kunjungan ke sejumlah SKPD di lingkungan Pemkot Pekalongan, Rabu (20/4). Selain untuk menjalin silaturahmi dengan kalangan pejabat dan pimpinan SKPD, kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melihat potensi SKPD demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

 

Ada sejumlah SKPD yang dikunjungi dalam kesempatan tersebut. Diantaranya Kantor Satpol PP, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), dan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans).

 

Disamping sebagai penyambung silaturrahmi antar jajaran pemerintahan, kunjungan ini sekaligus sebagai salah satu upaya peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. Ketika kami melihat secara langsung apa yang menjadi potensi yang dimiliki SKPD terkait, kami bisa turut menginovasikannya guna meningkatkan pelayanan masyarakat,” kata Wakil walikota.

 

Dalam kunjungannya ke Kantor Diskominfo, Wakil Walikota yang diterima oleh Kepala Diskominfo, Sri Budi Santoso dan jajaran pejabat lainnya, diperlihatkan langsung sejumlah inovasi yang dilakukan Diskominfo. Beberapa inovasi yang disampaikan Sri Budi diantaranya program Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang telah diciptakan oleh diskominfo selama ini.

 

Inovasi SIM yang sudah dilakukan seperti penggunaan paperless Office atau surat online hingga yang terbaru adalah sistem informasi yang menyajikan aspirasi masyarakat yang disampaiakan dalam program Alex mendengar.

 

Selain program tersebut, inovasi yang kini tengah dilaksanakan diantaranya pendirian kantor Pusat Pelayanan Informasi Publik (PPIP). Kemudian di bidang aplikasi ada aplikasi Siwartapaleja, dan di bidang laboratorium ada laboratorium animasi.

 

Selain berupa aplikasi dan lab, kami juga punya kantor Pusat Pelayanan Informasi Publik (PPIP). Ini merupakan salah satu bentuk keterbukaan kami terhadap siapa saja yang ingin tahu tentang pemerintahan Kota Pekalongan. Baik secara tupoksinya, programnya hingga anggarannya.” kata Kadiskominfo, DR Sri Budi Santoso.

 

Usai pemaparan, wakil walikota pun diajak untuk meninjau beberapa ruang serta sarana dan pra sarana lain yang ada di Diskominfo. Diantaranya ruang Pusat Pelayanan Informasi Publik (PPIP), Sitem Informasi (SI), Sarana Komunikasi dan Desiminasi Informasi (SKDI),  ruang server, serta laboratorium animasi.(nul)

 

 

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 21-04-2016)