Pekalongan Miliki Kebun Bibit Taman Kota

PEKALONGAN – Pemkot Pekalongan kini memiliki kebun bibit bernama Nursey Horikultura, yang akan menyuplai tanaman untuk kebutuhan taman seluruh kota. Berada di eks makam Tionghoa (bong) di Kelurahan Kuripan Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan, kebun tersebut kini menjadi salah satu alternatif wisata, lantaran selain taman ada pula kafe dan lapangan sepak bola.

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pekalongan, Marsudi Ismanto kepada wartawan, Senin (25/4), menuturkan, jika taman Nursey Horikultura tersebut merupakan hadiah dari pemerintah pusat. Menyusul dimilikinya Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), sehingga pemerintah pusat memberikan penghargaan berupa Program Pengemban gan Kota Hijau (P2KH) senilai Rp 5 miliar. Taman Nursey merupakan bantuan ketiga kalinya dari pemerintah pusat, setelah sebelumnya, berupa pembangunan Taman Sorogenen senilai Rp 1 miliar dan Taman Wilis senilai Rp 300 juta. “Pemkot hanya menyediakan lahan dan perencanaan, pembangunan dari pemerintah pusat. Setelah satu tahun, pengelolaan akan diserahkan ke Pemkot,” katanya.

 

Keberadaan Nursey Horikultura diharapkan nantinya bisa untuk menyuplai kebutuhan taman se-Kota Pekalongan sekaligus sebagai ajang wisata. Mengingat taman Nursey Horikultura tidak sekedar areal persemaian bibit tanaman karena dilengkapi dengan mushala dan fasilitas penunjang lainnya seperti lapangan dan kafe. K-28/Ct

 

 

 

(SUMBER : WAWASAN, 27-04-2016)