Ketum Kospin JASA Pekalongan Raih Penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM

Pekalongan, Info Publik – Ketua Umum (Ketum) Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) JASA Pekalongan, HM Andy Arslan Djunaid SE mendapatkan penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM Kamis (21/7). Penghargaan itu diberikan oleh Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga di Jambi  pada perayaan punvak acara Hari Koperasi yang ke 69.

 

Tak  sekedar memberikan penghargaan, sang Menteri  juga menyampaikan  himbauan kepada seluruh koperasi agar ‘meniru’ Kospin Jasa.  Puspayoga mnuturkan supaya  koperasi bisa bermanfaat bagi anggota dan masyarakat benar-benar mampu diaktualisasikan oleh sejumlah koperasi di Indonesia.

 

Contohlah  Kospin Jasa sebagai salah satu koperasi simpan pinjam (KSP) terbesar di Indonesia. Kospin Jasa mengaktualisasikannya dengan cara memberikan manfaat-manfaat yang menguntungkan seluruh anggota Kospin Jasa.”

 

Sementara usai menerima penghargaan, Andy menyatakan bahwa Kospin JASA sudah menggunakan online system real time sejak tahun 2009, dan tehnologi informatika terus di kembangkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada anggota Kospin Jasa.

 

Sejak tahun 2009 Kospin Jasa sudah menggunakan system online yang real time, sehingga seluruh kantor Kospin JASA yang sekarang berjumlah 131 kantor selalu terhubung secara real time, jadi detik ini ada transaksi di Denpasar Bali, kantor Pusat Kospin Jasa sudah bisa melihat transaksi tersebut. Dalam perkembangannya online system ini, salah satunya Kospin Jasa bisa menggunakan Kartu Debit/ATM dengan bekerja sama dengan salah sati Bank Nasional, Kartu Debit Kospin Jasa ini sudah menggunakan VISA, jadi bisa di gunakan di seluruh antero dunia, baik untuk tarik tunai atau transaksi lainnya.”

 

Selain itu Andy menegaskan Kospin Jasa memberikan berbagai keuntungan itu, di antaranya, para anggota KSP Kospin Jasa setiap tahunnya mendapatkan keuntungan melalui pembagian sisa hasil usaha (SHU) koperasi.  Kospin Jasa juga memberikan asuransi jiwa kepada setiap anggotanya.Kemudian Kospin Jasa memberikan santunan sebesar Rp5 juta jika ada anggota koperasi yang meninggal dunia.

 

Bukan itu saja, Kospin Jasa memberikan tunjangan hari raya setiap tahunnya untuk anggota koperasi mereka. `'Bahkan, para anggota koperasi sering kami fasilitasi untuk pertemuan antarpengusaha serta diberikan kemudahan dalam memperoleh pinjaman modal,'' tegasnya.

 

Dengan berbagai manfaat yang menguntungkan para anggotanya tersebut, hingga saat ini Kospin Jasa bisa dicintai dan dipercaya oleh ribuan anggotanya.Kepercayaan itu pula yang menjadi kunci keberhasilan bagi KSP yang berdiri sejak 1970 tersebut. “Kospin Jasa menerapkan tata kelola internal keuangan KSP yang sangat baik. Imbasnya, Kospin Jasa saat ini mampu meraup keuntungan sebesar Rp6 triliun per Juni 2016,” katanya sembari mengatakan  keuntungan tersebut diperoleh dari aktivitas simpan pinjam koperasi yang dilakukan para anggotanya yang tersebar secara merata di 130 kantor pelayanan yang tersebar di Nusantara. (MC/Diskominfo/AN Takari))