Kelompok Informasi Masyarakat Kelurahan Sapuro Kebulen Terbentuk

KOTA PEKALONGAN – Kepengurusan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kelurahan Sapuro Kebulen, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, periode 2017-2020 resmi terbentuk, Rabu (18/10) malam. Pembentukan KIM Sapuro Kebulen ini dilaksanakan dalam musyawarah re-organisasi KIM di eks Kantor Kelurahan Sapuro, Jalan Irian. Kegiatan dihadiri Kasi Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dan Layanan Informasi Publik pada Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kota Pekalongan Nurul Indrawati, Lurah Sapuro Kebulen Siti Zahroh, serta sejumlah tokoh masyarakat dan perwakilan warga Kelurahan Sapuro Kebulen.

 

Adapun susunan kepengurusan KIM Kelurahan Sapuro Kebulen periode 2017-2020 yang telah disepakati dari hasil musyawarah, antara lain Pembina dijabat oleh Lurah Sapuro Kebulen Siti Zahroh, Ketua dijabat oleh Istiadi Busro , Wakil Ketua H Najmudin, Sekretaris I Hadi Maryato, Sekretaris II Msyukron, dan Bendahara I Nina. Sedangkan bidang-bidang maupun seksi-seksi, akan dimusyawarahkan lebih lanjut di kemudian hari.

 

Nurul Indrawati dari Diskominfo Kota Pekalongan menjelaskan bahwa KIM berada di bawah binaan Diskominfo Kota Pekalongan. Tujuannya antara lain untuk membantu menyebarluaskan berbagai informasi maupun kebijakan pemerintah ke masyarakat luas. KIM juga diharapkan turut menyebarluaskan berbagai potensi yang dimiliki kelurahan setempat. “KIM ibaratnya sebagai kehumasan dan membantu penyebarluasan informasi dan kebijakan pemerintah ke masyarakat. Misalnya terkait program-program, kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan, dan sebagainya,” ungkap dia.

 

Adapun dalam perjalanannya, pada sebelum penggabungan kelurahan sudah terbentuk di beberapa kelurahan. Namun ada yang aktif dan kurang aktif. Salah satu yang sangat aktif dan bahkan sempat menjadi percontohan nasional serta telah menerima sejumlah penghargaan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah adakah KIM Kraton Kidul. Selanjutnya, setelah ada penggabungan kelurahan, KIM di Kota Pekalongan kembali dibenahi, supaya lebih aktif dan harapannya bisa merata keberadaannya di setiap kelurahan di Kota Pekalongan.

 

Sementara itu, Lurah Sapuro Kebulen Siti Zahroh berharap KIM Kelurahan Sapuro Kebulen ke depannya bisa terus aktif untuk turut membantu menyebarluaskan informasi dan kebijakan pemerintah. Termasuk, ikut menyebarluaskan informasi tentang berbagai potensi warga, baik itu mengenai ekonomi kreatif, kesenian, sosial budaya, pendidikan, keagamaan, pemberdayaan ekonomi, dan sebagainya. (way)

 

 

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 18-10-2017)