Diskominfo Kota Pekalongan, Internet Keliling Berikan Pengalaman Baru

KEPUTRAN – Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Kota Pekalongan memberikan pelayanan internet keliling untuk sekolah. Salah satunya untuk memberikan pengalaman baru bagi siswa sekolah dasar dalam mengakses internet secara positif.

 

Ini acaranya Internet Keliling atau Mobile Community Access Point (MCAP), tujuan keliling sekolah agar siswa dan guru itu melek Informasi Teknologi (IT). Selain memfasilitasi, kami tetap mengawasi pemakaian internet, biar anak tidak buka situs-situs yang dilarang,” beber Petugas MCAP, Triana Ayuningtyastanti SKom saat ditemui di halaman kampus 1 SDN Keputran 06, (24/2).

 

Perempuan yang kerap disapa Bu Ayu ini menjelaskan, kegiatan ini tidak hanya dilakukan di sekolah-sekolah. Tetapi juga di tempat-tempat umum lain, seperti pasar, kelurahan dan sebagainya. Tetapi pihak Diskominfo hanya melayani tempat-tempat umum yang memiliki halaman untuk menampung mobil MCAP, sehingga kehadiran mobil MCAP tidak mengganggu lalu lintas di jalan raya.

 

Tujuan kami agar masyarakat, semua kalangan melek IT. Tapi akhir-akhir ini, kami lebih banyak ke sekolah-sekolah, khususnya SD. Karena pihak sekolah juga memanfaatkan ini sebagai wadah informasi siswa dalam mengerjakan tugas,” imbuhnya. Ditambahkan, program internet keliling ini biasanya hadir mulai pukul 09.00-12.00 WIB.

 

Sebelum ke tempat tujuan, biasanya telah ada kesepakatan jadwal antara sekolah dan Diskominfo. Setelah mobil MCAP datang, pihak sekolah telah mengatur kelas mana yang akan menggunakan fasilitas internet keliling tersebut.

 

Kebetulan, hari ini jadwalnya kelas 6 dan kelas 5, biasanya guru memberikan tugas untuk siswa. Kemudian setelah selesai mencari tugas mereka bermain games, tapi tetap gamesnya yang edukatif. Kami juga tetap mengawasi anak-anak, kebetulan gurunya di sini aktif juga.

 

Malah gurunya tadi minta untuk program 2 minggu sekali, mungkin nantinya akan ada tugas lanjutan,” jelas alumni Universitas Dian Nuswantoro ini. Salah seorang siswa kelas 5, yang kerap disapa Nibras mengaku terbantu dengan kehadiran internet keliling ini. Ia sudah beberapa kali menggunakan fasilitas ini. “Membantu mencari informasi. Tadi buka kerajinan tangan, soalnya ada tugas suruh buat kerajinan tangan,” tandasnya. (ap5)

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 25-02-2016)