Diskominfo Kota Pekalongan Akan Gelar ICT Movie Award 2016

Pekalongan, Info Publik – Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo) Kota Pekalongan bekerja sama dengan Forum Film Pekalongan (FPP) berencana menggelar ICT Movi Award atau pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba film pendek pendek dalam rangka Penyelenggaraan Pekalongan Movie Festival tahun 2016. Acara pemberian penghargaan itu akan dilakukan di GOR Jetayu, Sabtu (3/9) mendatang.

 

Hal itu disampaikan Kepala Diskominfo Kota Pekalongan Sri Budi Santoso Senin (29/8). Menurut Sri Budi Santoso festival film pendek Iklan layanan Masayarakat  ini digelar untuk memberikan wadah berekspresi bagi pegiat-pegiat perfilman di Kota Pekalongan. “Selain itu juga bisa dijadikan batu loncatan bagi mereka untuk event-event yang lebih besar,” katanya.

 

Selain itu festival yang rencananya akan diagendakan rutin setiap tahun tersebut juga bertujuan mengembangkan komunitas-komunitas film secara lebih luas.” Diharapkan dengan adanya ajang kompetisi film pendek bagi sineas di Kota Pekalongan yang sebelumnya didahului dengan workshop sinematika, motivasi mereka untuk terus belajar dan berkarya akan semakin meningkat,” tandasnya.

 

Lebih jauh Sri Budi Santoso mengatakan lomba dapat diikuti oleh perseorangan atau kelompok yang berdomisili/bekerja/beraktivitas sehari-hari di Kota Pekalongan. “Sedangkan bentuk film pendek adalah Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dengan durasi maksimal 5 menit,” katanya lagi.

 

Adapun tema lomba adalah ada 5. Diantaranya Peningkatan akses dan mutu pendidikan masyarakat (Pendidikan), Peningkatan kualitas pelayanan publik (Pelayanan Publik) dan Pemberdayaan ekonomi rakyat berbasis potensi lokal (Ekonomi). “Selain itu juga Peningkatan kualitas sarana dan prasarana (Sarana dan Prasarana), Pengembangan teknologi informasi berbasis komunitas (IT) dan Pelestarian budaya dan kearifan lokal (Budaya),” tambahnya.

 

Saat ini sudah ada sekitar 18 Film pendek yang didaftarkan sebagai peserta.Adapun jurinya selain ada dari unsure Diskominfo atau pemerintah juga ada dari unsur masyarakat maupun praktisi media.  (MC/Diskominfo/AN Takari)